Timnas Kroasia

Timnas Kroasia yang akan tampil di Rusia 2018.
bdtonline.com

Football5Star.com, Indonesia – Dengan susah payah, timnas Kroasia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di bawah asuhan Zlatko Dalic. Ini bakal menjadi partisipasi kelima The Blazers di turnamen tersebut.

Di babak kualifikasi, Kroasia hanya finis sebagai runner-up Grup I zona Eropa. Luka Modric dan rekan-rekan melenggang ke putaran final setelah mengalahkan Yunani dengan agregat 4-1 lewat play-off.

Kekuatan utama Kroasia di Rusia nanti masih pemain-pemain yang membela klub-klub besar Eropa. Sebut saja Luka Modric (Barcelona), Ivan Rakitic (Barcelona), Ivan Perisic (Inter Milan), dan Mario Mandzukic (Juventus). Itulah modal untuk berjibaku dengan Argentina, Islandia, dan Nigeri di Grup D.


DATA & FAKTA

Julukan: Vatreni (The Blazers)
Asosiasi: Croatian Football Federation (HNS)
Pelatih: Zlatko Dalic
Kapten: Luka Modric
Rekor Caps: Darijo Srna (134)
Rekor Gol: Davor Suker (45)
Penampilan Terbanyak di Piala Dunia: Dario Simic (11)
Gol Terbanyak di Piala Dunia: Davor Suker (6)
Kode FIFA: CRO
Prestasi:


HASIL KUALIFIKASI

Kroasia 1-1 Turki (Rakitic 44-p – Calhanoglu 45)
Kosovo 0-6 Kroasia (Mandzukic 6, 24, 35, Mitrovic 68, Perisic 83, N. Kalinic 90)
Finlandia 0-1 Kroasia (Mandzukic 18)
Kroasia 2-0 Islandia (Brozovic 15, 90)
Kroasia 1-0 Ukraina (N. Kalinic 38)
Islandia 1-0 Kroasia (Magnusson 90)
Kroasia 1-0 Kosovo (Vida 74)
Turki 1-0 Kroasia (Tosun 75)
Kroasia 1-1 Finlandia (Mandzukic 57 – Soiri 90)
Ukraina 0-2 Kroasia (Kramaric 62, 70)
Kroasia 4-1 Yunani (Modric 13-p, N. Kalini 19, Perisic 33, Kramaric 49 – Papastathopoulos 30)
Yunani 0-0 Kroasia


KIPRAH DI PIALA DUNIA


BINTANG: LUKA MODRIC
Luka Modric, kapten Kroasia.
pinterest.com

Pada awal kariernya, Luka Modric pernah menerima banyak kritik. Namun, dia membungkamnya dengan performa apik saat berkostum Dinamo Zagreb.

Karier Modric kian menanjak setelah pindah ke Tottenham Hotspur kemudian bergabung dengan Real Madrid. Bersama El Real, dia merasakan tiga trofi Liga Champions dan dua Piala Dunia Antarklub.

Visi bermain dan operan yang akurat menjadi kelebihan Modric. Tak heran, dia pun juga menjadi andalan lini tengah Kroasia. Pemenang empat penghargaan pemain terbaik Kroasia tersebut bakal tampil untuk ketiga kalinya dalam Piala Dunia di Rusia.


LEGENDA: DAVOR SUKER

Davor Suker adalah bintang timnas Kroasia yang bersinar pada era 1990-an. Nama dia menjadi sorotan ketika berhasil meraih penghargaan sepatu emas di Piala Dunia 1998.

Hingga kini, Suker masih terdaftar sebagai pemain tersubur Kroasia dengan 45 gol dari 69 penampilan. Di level klub, dia sempat memperkuat beberapa klub raksasa Eropa, seperti Real Madrid dan Arsenal. Selain itu, Suker pernah menempati posisi ketiga dalam penghargaan FIFA World Player of the Year awards pada 1998.


DAFTAR PEMAIN
Comments
Loading...