Timnas Prancis

Getty Images

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Prancis lolos ke Piala Dunia 2018 dengan mulus. Tim Ayam Jantan berhasil keluar sebagai juara Grup A di babak kualifikasi zona Eropa.

Timnas Prancis sebenarnya bersaing dengan tim-tim yang cukup kuat. Mulai dari Swedia, Belanda, dan Bulgaria. Lalu juga ada Luxembourg dan Belarusia. Dari 10 pertandingan, Prancis memetik 23 poin hasil dari tujuh kemenangan, dua kali seri dan satu kekalahan.

Antoine Griezmann dan Oliver Giroud jadi bintang Tim Ayam Jantan selama kualifikasi. Keduanya sama-sama menyumbangkan empat gol.


DATA & FAKTA

Julukan: Les Bleus
Asosiasi: French Football Federation (FFF)
Pelatih: Didier Deschamps
Kapten: Hugo Lloris
Rekor Caps: Lilian Thuram (142)
Rekor Gol: Thierry Henry (51)
Penampilan Terbanyak di Piala Dunia: Fabien Barthez dan Thierry Henry (17)
Gol Terbanyak di Piala Dunia: Just Fontaine (13)
Prestasi: Juara Piala Dunia 1998, Juara Piala Eropa 1984, 2000


HASIL KUALIFIKASI

Belarusia 0–0 Prancis
Prancis 4–1 Bulgaria (Gameiro 23, 59, Payet 26 Griezmann 38 – M. Aleksandrov 6-p)
Belanda 0–1 Prancis (Pogba 30)
Prancis 2–1 Swedia (Pogba 58, Payet 65 – Forsberg 55)
Luxembourg 1–3 Prancis (Joachim 34-pen – Giroud 28, 77, Griezmann 37-p)
Swedia 2–1 Prancis (Durmaz 43, Toivonen 90 – Giroud 37)
Prancis 4–0 Belanda (Griezmann 14, Lemar 73, 88 Mbappé 90)
Prancis 0–0 Luxembourg
Bulgaria 0–1 Prancis (Matuidi 3)
Prancis 2–1 Belarusia (Griezmann 27, Giroud 33 – Saroka 44)


KIPRAH DI PIALA DUNIA


BINTANG: ANTOINE GRIEZMANN
Antoine Griezmann, andalan Prancis di Piala Dunia 2018.
nemzetisport.hu

Griezmann adalah mesin gol Prancis. Ia mulai menembus tim utama Les Bleus sejak Piala Eropa 2014. Dalam turnamen itu, Griezmann memang tak mencetak gol. Namun, ia sukses mencuri perhatian lewat penampilan gemilangnya.

Di Piala Eropa 2016, Griezmann menggila. Ia jadi top skorer turnamen dengan koleksi enam gol. Bomber Atletico Madrid itu juga mengantar Tim Ayam Jantan ke final. Sayangnya, Les Bleus tumbang di tangan Portugal.

Sepanjang kualifikasi Piala Dunia, Griezmann sudah membuktikan posisinya sebagai pemain andalan Le Bleus. Bersama Olivier Giroud, dia adalah pemain tersubur. Kedua pemain itu sama-sama mencetak empat gol.


LEGENDA: ZINEDINE ZIDANE
Zinedine Zidane punya dua sisi bertolak belakang di Piala Dunia.
angrybirdsriogame.info

Zidane adalah pemain terbaik dalam sejarah timnas Prancis. Ia sukses mengantar Tim Ayam Jantan juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Pada tahun yang sama, mantan bintang Juventus dan Real Madrid itu juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia versi FIFA.

Kiprah Zidane di Piala Dunia pun diwarnai beberapa catatan menarik. Dia adalah satu dari sedikit pemain yang mencetak gol di dua final Piala Dunia. Namun, dia juga merupakan satu dari hanya dua pemain yang dua kali di kartu merah wasit di ajang ini.

Sayang, kariernya agak ternoda akibat kartu merah di final Piala Dunia 2006. Ketika itu, ia menanduk bek Italia Marco Materazzi.


DAFTAR PEMAIN

Comments
Loading...