Timnas Rusia

Timnas Rusia yang akan tampil di Piala dunia 2018.
as.com

Football5Star.com, Indonesia – Timnas Rusia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 dengan status tuan rumah. Jadi, pasukan asuhan Stanislav Cherchesov tidak perlu menempuh babak kualifikasi.

Status tuan rumah juga bukanlah jaminan Rusia bakal berprestasi. Tengok saja rekam jejak mereka di uji coba. Dari 5 laga terakhir, Rusia menelan 3 kekalahan dan 2 kali imbang. Apalagi, sejal 1990, mereka tak bisa melangkah lebih jauh dari penyisihan grup.


DATA & FAKTA

Julukan: Sbornaya
Asosiasi: Russian Football Union (RFS)
Pelatih: Stanislav Cherchesov
Kapten: Igor Akinkeev
Rekor Caps: Sergei Ignashevich (120)
Rekor Gol: Aleksandr Kerzhakov (30)
Penampilan Terbanyak di Piala Dunia: Lev Yashin (13)
Gol Terbanyak di Piala Dunia: Valentin Ivanov, Oleg Salenko (6)
Kode FIFA: RUS
Prestasi:


HASIL KUALIFIKASI

Sebagai tuan rumah, Rusia tak melakoni kualifikasi. Mereka hanya menjalani uji tanding.


KIPRAH DI PIALA DUNIA


BINTANG: IGOR AKINKEEV

Igor Akinkeev adalah faktor penting di bawah mistar timnas Rusia. Catatan penampilan mencapai 104 kali di level senior plus jabatan kapten membuktikan bahwa kiper berusia 32 tahun ini memang sarat pengalaman di level internasional.

Performanya juga berbanding lurus dengan pengalamannya. Dia masuk Lev Yashin Club, daftar tidak resmi untuk kiper Rusia yang mencatatkan lebih dari 100 clean sheet. Dia juga memecahkan rekor clean sheet dengan 233 kali saat Rusia melawan Portugal pada 2015.


LEGENDA:LEV YASHIN

Lev Yashin merupakan salah satu kiper terbaik dalam sejarah sepak bola. Keberanian, pengambilan posisi, dan refleks akrobatik adalah ciri dari permainannya. Dia juga mencetuskan bahwa kiper adalah komando di daerah pertahanan karena kebiasannya memberikan instruksi kepada pemain belakang.

Menurut catatan FIFA, Yashin melakukan penyelamatan terhadap lebih dari 150 penalti dan mencatatkan lebih dari 270 clean sheet sepanjang kariernya. Karena kehebatannya dan kesuksesannya merebut Ballon d’Or, namanya pun diabadikan sebagai penghargaan kiper terbaik.


DAFTAR PEMAIN
Comments
Loading...