Timnas Swedia Melawan Rasialisme Kepada Durmaz

Football5Star.com, Indonesia – Minggu (24/6/2018) jadi hari yang tak mengenakkan bagi winger timnas Swedia, Jimmy Durmaz. Gara-gara pelanggarannya, timnas Jerman mendapat tendangan bebas dan dieksekusi menjadi gol oleh Toni Kroos. Swedia lantas kalah 1-2 dan dia pun dibanjiri hujatan yang di antaranya bernada rasialisme.

Usai pertandingan itu, umpatan dan hujatan memenuhi akun Instagram resmi milik Durmaz. Di antara mereka ada yang menebarkan kebencial rasial. Bahkan, ada pula yang melontarkan ancaman pembunuhan.

Gerah akan hal itu, Durmaz melakukan perlawanan. Senin (25/6/2018), dia bersama rekan-rekannya di timnas Swedia merilis sebuah pernyataan sikap melawan rasialisme yang ditujukan kepadanya.

“Aku adalah pesepak bola yang bermain di level atas. Dikritik adalah sesuatu yang biasa. Itu adalah bagian dari pekerjaan kami, tujuh hari dalam seminggu. Namun, disebut ‘imigran sialan’ dan ‘pengebom bunuh diri’ dan mendapat ancaman pembunuhan untuk keluarga, anak-anakku, adalah hal yang tak bisa diterima,” tegas Durmaz.

“Aku adalah orang Swedia. Aku bangga memakai kostum ini, bendera kami. Aku berterima kasih kepada semua yang memberikan pesan kegembiraan. Itu menghibur kami semua. Kita berdiri bersama. Kita adalah orang-orang Swedia,” tambah dia.

Di ujung pembicaraannya, Durmaz melontarkan pertanyaan kepada rekan-rekannya, “Apa yang akan kalian katakan, teman-teman?” Mereka serentak berteriak, “F*** racism!”

Terkait cercaan bernada rasial dan ancaman pembunuhan itu, laporan sudah dilayangkan kepada pihak kepolisian. Asosiasi Sepak Bola Swedia pun sudah mengutuk tindakan orang-orang rasialis yang menyerang sang winger.

“Kami tidak menoleransi pemain kami diancam dan dicaci maki. Sungguh tidak nyaman dan sangat menjengkelkan melihat perlakuan terhadap Jimmy Durmaz. Itu benar-benar tak bisa diterima!” tegas Presiden Asosiasi Sepak Bola Swedia, Hakan Sjostrand.

Timnas Swedia akan menjalani laga terakhir di penyisihan grup Piala Dunia 2018 melawan timnas Meksiko, Rabu (27/6/2018). Anak-anak asuh Janne Andersson masih punya peluang lolos andai mampu meraih kemenangan dalam laga tersebut.


Jangan lupa ikutan kuis Football5star.com. Prediksi skor pertandingan Piala Dunia 2018 dengan kesempatan membawa pulang Mobil Honda Brio, Motor Honda Vario, Motor Honda Beat, dan banyak lagi hadiah menarik. Buruan daftar di kuis.football5star.com

Comments
Loading...