Timnas U-19 dan Hujan Air Mata di GBK

Football5star.com, Indonesia – Mimpi untuk menyaksikan pemain-pemain terbaik Indonesia di Piala Dunia kembali gagal. Timnas U-19 Indonesia takluk dari Jepang dengan skor 2-0. Laga yang digelar pada Minggu (28/10) malam ini berlangsung syahdu. Ditemani hujan deras dan hujan air mata di Stadion Gelora Bung Karno.

Langkah menuju babak perempat final Piala AFC U-19 2018 berlangsung dramatis. Lewat perjuangan berdarah-darah, Timnas U-19 lolos ke fase gugur setelah mengalahkan Uni Emirat Arab denagn skor 1-0. Semangat menolak menyerah ini pula yang dibawa oleh anak asuh Indra Sjafrie saat bertemu Jepang.

Di atas kertas, Jepang jelas lebih unggul. Mereka juara bertahan, sempat mengalahkan Indonesia dengan skor telak pada awal tahun 2018, dan mereka memiliki Takefusa Kubo. Nama terakhir adalah alumni La Masia yang masuk lewat jalur prestasi, bukan jalur kilat. Nama terakhir pula yang membuat lini belakang Timnas U-19 pontang-panting.

Berbeda dengan tiga laga di babak grup, Coach Indra memainkan lima bek sekaligus. Posisi penjaga gawang masih diisi Muhamad Riyandi yang dikawal lima serdadu kokoh di depan. Asnawi Mangkualam, Kadek Raditya, Rachmat Irianto, Indra Mustaffa, dan Firza Andika. Di depan mereka, ada Luthfi Kamal dan Syahrian Abimanyu yang menjaga kedalaman dan sesekali mengalirkan bola ke depan. Pos sayap ada Saddil Ramdani dan Witan Sulaeman yang menopang Hanis Saghara di lini depan.

Bermain lebih bertahan, Timnas U-19 Indonesia sukses menahan gempuran lini depan Jepang. Sekilas, cara bermain ini memberikan rasa aman saat bertahan. Namun, di menit ke-40, sepakan kaki kiri Shunki Higashi menembus gawang. Gol ini bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, belum ada perubahan yang dilakukan oleh Coach Indra. Masih memainkan komposisi yang sama di babak kedua. Tampil lebih menyerang, Irianto dan kawan-kawan mulai menyulitkan pertahanan Jepang. Sayangnya, rapatnya pertahanan Jepang membuat segala serangan tersebut pupus.

Terlalu asyik menyerang, Jepang kembali mencetak gol. Kali ini lewat Taisei Miyashiro di menit ke-70. Ketinggalan dua gol, Todd Ferre Rivaldo masuk menggantikan Kadek. Keputusan yang agak telat dan tak mengubah hasil.

Timnas U-16 kalah di babak perempat final Timnas U-19 juga kalah di babak perempat final. Hasil yang menyesakkan dada. GBK menjadi tempat tumpahnya air mata.

Susunan Pemain

Jepang: Kosei Tani; Kobayashi Yuki, Ayumu Seko, Daiki Hashioka, Yukinari Sugawara; Saito Mitsuki, Hiroki Ito, Kanya Fujimoto, Hiroki Abe; Miyashiro Taisei, Takefusa Kubo

Pelatih: Masanaga Kageyama

Indonesia (5-2-3): Muhamad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Indra Mustaffa, Rachmat Irianto, Kadek Raditya (Todd Rivaldo 74′), Firza Andika; Syahrian Abimanyu, Luthfi Kamal; Saddil Ramdani, Hanis Saghara (Rafli Nursalim 89′), Witan Sulaeman

Pelatih: Indra Sjafri

Comments
Loading...