Timnas U-19 Ditahan Makedonia Utara, Shin Tae-yong Salahkan Lapangan

Football5Star.com, Indonesia – Timnas U-19 Indonesia gagal meneruskan tren kemenangan. Setelah selalu menang dalam tiga laga terakhir, tim asuhan Shin Tae-yong hanya menuai hasil imbang 0-0 pada laga kedua melawan Makedonia Utara.

Hasil itu terbilang di luar dugaan. Pasalnya, tiga hari lalu, timnas U-19 Indonesia mampu menang telak. Anak-anak asuh Shin Tae-yong kala itu sanggup mendulang kemenangan 4-1 atas tim asuhan Shkumbin Arslani. Namun, hal itu ternyata gagal diulangi pada pertemuan kedua.

Selepas pertandingan, Shin Tae-yong tetap mengapresiasi kinerja anak-anak asuhnya. Apalagi, dia memang melakukan rotasi pada laga tersebut. Beckham Putra Nugraha, Bayu Fiqri, dan M. Bahril dipercaya tampil sebagai starter. Meskipun begitu, dia tak dapat menutupi kekecewaannya.

Dalam pandangan Coach STY, setidaknya ada dua faktor yang membuat timnas U-19 gagal mengulangi kemenangan atas Makedonia Utara. Salah satunya adalah kualitas lapangan. Dia menilai kondisi lapangan membuat permainan Witan Sulaiman cs. tak berkembang.

“Pemain sudah bekerja keras, namun belum menunjukkan performa terbaik. Hari ini lapangan kurang bagus, jadi pemain tidak bisa optimal,” kata Shin Tae-yong selepas laga timnas U-19 vs Makedonia Utara seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi PSSI.

Di samping itu, secara internal, dia menilai hasil imbang itu disebabkan oleh kualitas umpan yang tak bagus dan ketidakmampuan mengeksplorasi ruang di wilayah lawan dengan baik. Itu dinilai sebagai pekerjaan rumahnya ke depan.

“Untuk mental, fisik, dan stamina, saya kira pemain sudah lebih baik. Ke depan, kami harus perbaiki kekurangan yang ada,” ujar Coach STY lagi.

Tim Asuhan Coach STY Hadapi Bosnia & Herzegovina Lagi

Timnas U-19 Bosnia & Herzegovina menang 3-0 atas Montenegro sepekan jelang lawan timnas U-19 Indonesia.
nfsbih.ba

Hasil analisis itu tentu jadi penekanan utama Shin Tae-yong untuk laga uji tanding selanjutnya. Menurut rencana, timnas U-19 Indonesia akan kembali menghadapi Bosnia & Herzegovina yang sempat dihadapi pada 25 September silam. Kala itu, Garuda Muda kalah 0-1.

Perbaikan performa jadi hal yang mutlak untuk laga yang akan digelar pada 20 dan 23 Oktober nanti. Bagaimanapun, tim asuhan Slaven Musa tentu sudah punya gambaran tentang permainan tim arahan Shin Te-yong. Apalagi, mereka juga menunjukkan perkembangan apik.

Pada Selasa (13/10/2020), timnas U-19 Bosnia & Herzegovina meraup kemenangan 3-0 atas Montenegro. Padahal, Februari silam, mereka kalah 0-2 dan imbang 1-1 dalam dua laga beruntun menghadapi sesama negara pecahan Yugoslavia tersebut. Bisa dipastikan, mereka akan jadi ujian lebih berat bagi tim asuhan Shin Tae-yong dalam dua pertemuan nanti.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More