Timnas U-19 Harus Hati-Hati, Dinamo Zagreb Punya “Kevin De Bruyne”

Football5Star.com, Indonesia – Timnas U-19 Indonesia akan menjalani uji tanding melawan tim U-19 Dinamo Zagreb, Senin (28/9/2020). Laga ini akan jadi ujian berat karena tim asuhan Andrej Miokovic dihuni talenta-talenta apik. Salah satunya Ivan Saranic yang dijuluki Kevin De Bruyne-nya Kroasia.

Sebetulnya Ivan Saranic bukan hanya kerap dibandingkan dengan Kevin De Bruyne. Dia juga sering disebut sebagai Dani Olmo baru. Bahkan, ada yang membandingkan pemain kelahiran 12 Mei 2003 itu dengan peraih Ballon d’Or 2018, Luka Modric.

Khusus Modric dan Olmo, Saranic memang menjadikan mereka sebagai rujukan. “Teladanku di sepak bola adalah Luka Modric,” kata sang bintang muda seperti dikutip Football5Star.com dari Jutarnji. “Aku ingin membangun karier di Dinamo. Di sini, Dani Olmo datang dari Barcelona. Dia membangun karier di sini dan menembus timnas Spanyol melalui klub kami.”

Ivan Saranic sudah mengemas 4 gol bagi tim U-19 Dinamo Zagreb di 1. HNL Juniori.
Facebook Nogometna Skola Dinamo

Meskipun baru berumur 17 tahun, Saranic sudah jadi andalan Miokovic. Hingga pekan ke-7 1. HNL Juniori, dia selalu dipercaya tampil sebagai starter. Empat kali di antaranya, dia tampil penuh hingga pertandingan usai. Adapun pada 3 laga lain, dia paling cepat ditarik pada menit ke-70.

Kontribusi Ivan Saranic pun besar. Salah satunya, tengok saja torehan golnya. Dalam 7 pertandingan, dia mampu mengemas 4 gol. Sebanyak 2 gol dilesakkan ke gawang Osijek, sedangkan 1 gol masing-masing dibuat saat melawan Istria dan Sesvete.

Di tim U-19 Dinamo Zagreb, koleksi 4 gol Saranic hanya kalah dari Martin Baturina yang telah mengemas 7 gol. Namun, patut dicatat, 7 gol sang gelandang hanya dibuat dalam 3 laga.

Saranic Diramal Jadi Bintang Masa Depan

Kiprah apik musim ini tidaklah mengherankan. Saat di tim kadet, Ivan Saranic pun menunjukkan performa apik. “Musim ini, aku bermain di 9 laga dan mencetak 9 gol. Hal yang membuatku senang, aku ini hanyalah seorang gelandang,” ujar Saranic pada November 2019.

Saranic juga tampil memukau bersama timnas junior Kroasia. Dia telah tampil 30 kali untuk timnas U-14 hingga U-17 dengan torehan 6 gol. Di timnas U-17, dia menjadi pahlawan kemenangan 2-1 atas Skotlandia pada Kualifikasi Piala Eropa U-17. Tembakan lengkung kaki kirinya melesak di jala gawang lawan saat laga memasuki injury time.

Bakat dan kemampuan Ivan Saranic memukau pelatih timnas U-17 Kroasia, Tomislav Rukavina. Dia meramal sang pemain akan tumbuh sebagai bintang besar seperti Kevin De Bruyne.

“Ivan telah membela timnas sejak awal dan selalu jadi salah satu yang paling menonjol dari generasi 2003. Dia berkembang baik dan punya potensi besar,” ujar Rukavina. “Dia benar-benar pemimpin generasinya dan talenta yang dapat tumbuh jadi pemain hebat.”

Mengenai kemampuan Ivan Saranic, Rukavina membeberkan, “Kekuatannya terletak pada teknik. Selain itu, dia juga sangat kuat. Kaki kirinya luar biasa. Dia mumpuni dalam menusuk pertahanan dengan umpan silang akurat dan tendangan keras.”

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More