Timnas U-19 Indonesia vs Qatar: Petaka Penalti pada Pengujung Laga

Football5star.com Indonesia – Timnas U-19 Indonesia gagal mencatat dua kemenangan beruntun atas Qatar pada pertandingan persahabatan di Kroasia. Duel kedua timnas U-19 Indonesia vs Qatar di Stadion Velika Gorica, Minggu (20/9/2020) berakhir imbang 1-1 akibat petaka penalti pada pengujung laga.

Bermodal kemenangan pada pertemuan pertama, Kamis (17/9/2020), Timnas U-19 sempat menyengat pada awal laga. Peluang langsung didapat pada menit ke-8 melalui tembakan Witan Sulaiman yang bolanya masih melebar dari gawang lawan.

Namun setelah itu, daya gedor anak asuh Shin Tae-yong mulai mengendur. Tak ada lagi serangan berbahaya yang dihasilkan Braif Fatari dan kawan-kawan dan membuat Qatar mulai mengembangkan permainan.

Terbukti, pada menit ke-25, Qatar berhasil menciptakan peluang emas pertama melalui tembakan jarak jauh. Beruntung bola yang meluncur ke arah gawang masih bisa diamankan kiper Indonesia, Adi Satryo.

Terkejut dengan gebrakan Qatar, Garuda Muda langsung merespons. Witan Sulaiman kembali menghadirkan ancaman kepada lini belakang Qatar. Sayangnya, bola umpan silang Witan gagal disambut dengan sempurna oleh Saddam Gaffar yang berada di mulut gawang.

Pertandingan berjalan setengah jam. Qatar sempat menghadirkan kemelut di depan gawang Timnas U-19. Lagi-lagi kesigapan Adi Satryo membuat upaya Qatar mencetak gol pembuka terpaksa belum berhasil.

Praktis setelahnya Qatar mulai menguasai permainan dan beberapa kali menebar ancaman. Akan tetapi, gol yang dinanti belum juga didapat sampai jeda pertandingan. Hasil babak pertama timnas U-19 Indonesia vs Qatar berakhir imbang 0-0.

Timnas U-19 Indonesia Shin Tae-yong - pssi-org
pssi.org

Memasuki babak kedua, Qatar semakin nyaman dengan irama bermainya. Tekanan terus dilancarkan ke lini pertahanan timnas U-19 Indonesia yang dikawal Bagas Kaffa dan kawan-kawan.

Meski begitu, timnas U-19 justru berhasil mencuri gol lebih dahulu. Pada menit ke-61, Saddam Gaffar membobol gawang Qatar memanfaatkan umpan lemparan ke dalam yang diberikan Pratama Arhan.

Gol itu membuat Qatar makin tersengat dan kian meningkatkan tekanan. Kesialan anak asuh Shin Tae-yong akhirnya datang satu menit jelang akhir pertandingan. Qatar mendapatkan hadiah penalti menyusul pelanggaran oleh Rizky Ridho.

Penalti dieksekusi dengan sempurna oleh pemain Qatar, Altairi. Adi Satryo gagal menjangkau bola yang melesak deras ke dalam gawang timnas U-19 Indonesia. Hasilnya, duel timnas U-19 Indonesia vs Qatar harus berakhir imbang 1-1.

Timnas U-19 Indonesia (pssi.org)
pssi.org

Susunan Pemain Timnas U-19 Indonesia vs Qatar

Indonesia (4-4-2): M. Adi Satryo; Bagas Kaffa, Komang Teguh, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Witan Sulaiman, Brylian Aldama, M. Supriadi; Saddam Gaffar, Braif Fatari

Cadangan: Yolandani Pranata (K), Erlangga Saputra (K), Komang Tri, Andi irfan, Imam Zakiri, Yudha Febrian, Bayi Fiqru, M. Bahril Feresa, Andre Oktaviansyah, Jack Brown, Fadhil Aksah, David Maulana

Pelatih: Shin Tae-yong

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More