Timnas U-19 Qatar Ternyata Dilatih Eks Rekan Setim Kaka

Football5Star.com, Indonesia – Timnas U-19 Indonesia asuhan Shin Tae-yong akan kembali menjalani uji tanding. Tak tanggung-tanggung, David Maulana dkk. akan menjalani double header dengan timnas U-19 Qatar yang ditangani Fabio Cesar Montezine.

Timnas U-19 Qatar bukan lawan asing bagi Indonesia. Pada Oktober 2018, kedua tim pernah bertemu di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Hasil laga kala itu sangat fenomenal, yakni 6-5 untuk sang tamu. Namun, Garuda Muda hampir saja melakukan comeback spektakuler berkat permainan apik Todd Rivaldo Ferre pada babak kedua.

Tentu saja tim saat ini dengan kala itu berbeda. Di kursi pelatih pun, kedua tim tak lagi ditangani pelatih yang sama. Tak ada lagi Indra Sjafri di kursi pelatih timnas U-19 Indonesia. Tak ada pula Bruno Pinheiro di kursi pelatih Qatar.

Timnas U-19 Qatar sejak September 2019 ditangani Fabio Cesar Montezine.
qfa.qa

Ada hal menarik tentang sosok Fabio Cesar Montezine yang saat ini menangani timnas U-19 Qatar. Dia ternyata pernah menjadi rekan setim Kaka, eks bintang AC Milan dan timnas Brasil. Mereka sama-sama pernah membela Sao Paolo pada awal karier.

“Di Sao Paolo, saya beruntung punya pelatih-pelatih dan rekan-rekan hebat. Banyak di antara mereka jadi pemain profesional. (Fabio) Simplicio, Bautista, lalu Kaka yang bergabung belakangan,” urai Montezine mengisahkan masa lalunya seperti dikutip Football5Star.com dari salah satu media Italia.

Lebih lanjut, Montezine mengungkapkan, “Suatu ketika, dia (Kaka) membuat gol indah untuk AC Milan dan mengatakan bahwa itu adalah buah dari melihat saya berlatih di Sao Paolo. Saya tersanjung. Seperti kita tahu, dia itu pesepak bola hebat.”

Montezine Berkiprah di Qatar Sejak 2005

Fabio Cesar Montezine sempat 28 kali memperkuat timnas Qatar dari 2008 hingga 2013.
Getty Images

Seperti halnya Kaka, Montezine juga sempat mengadu nasib di Italia. Petualangannya dimulai pada 2001 bersama Udinese. Namun, dia kesulitan berkembang karena fisiknya. Satu hal yang menarik, pelatih Luigi De Canio justru membawa dia ke Napoli yang saat itu berada di Serie A.

Pada 2004, meskipun menjalani masa terindah sepanjang kariernya, Montezine memutuskan pindah ke Avellino. Setahun kemudian, jalur nasib membawa pria asal Brasil itu ke Qatar. Di sanalah namanya mengemuka dan lantas dinaturalisasi untuk memperkuat timnas Qatar. Dari 2008 hingga 2013, dia meraih 28 caps.

Setelah 4 kali menjuarai Liga Qatar, Fabio Cesar Montezine gantung sepatu pada 2016. Dia lantas meretas karier sebagai pelatih dan saat ini tercatat sebagai asisten pelatih Al Rayyan. Namun, pada September 2019, dia dipercaya menangani timnas U-19 Qatar.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More