Timnas U-19 vs Hajduk Split, Elkan Baggott Ditantang Marin Ljubicic

Football5Star.com, Indonesia – Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi tim U-19 Hajduk Split pada Selasa (20/10/2020) ini. Pertarungan dengan pemuncak klasemen 1. HNL Juniori tersebut akan sangat menarik. Elkan Baggott di lini belakang akan diuji striker ganas bernama Marin Ljubicic.

Saat ini, Marin Ljubicic adalah pemain tersubur di 1. HNL Juniori. Dalam 9 pekan kompetisi bergulir, striker kelahiran 28 Februari 2002 itu telah mengemas 12 gol. Dia unggul 3 gol dari gelandang serang milik tim U-19 Dinamo Zagreb, Martin Baturina, dan 5 gol atas penyerang NK Lokomotiva Zagreb, Roko Simic.

Musim ini, Ljubicic adalah striker utama Hajduk Split. Pelatih Marijan Budimir selalu menurunkan pemain berumur 18 tahun itu. Hasilnya tak sia-sia. Sang striker hanya dua kali absen membobol gawang lawan. Dua tim yang gagal dibobol adalah Lokomotiva Zagreb dan Rudes.

Aksi Marin Ljubicic harus diredam Elkan Baggott saat timnas U-19 Indonesia lawan tim U-19 Hajduk Split.
hajduk.hr

Adapun tujuh lawan yang telah merasakan ketajaman Ljubicic adalah Slaven Belupo, Hrvatski Dragovoljac, Varazdin, Orijent 1919, Istra 1961, Inter Zapresic, dan Osijek. Gawang Istra bahkan tiga kali dibobol oleh pemain berkepala hampir plontos tersebut. Ini tentu jadi ancaman bagi timnas U-19 Indonesia, terutama Elkan Baggott sebagai jenderal lini belakang.

Nama Marin Ljubicic baru bergema di skuat tim U-19 Hajduk Split dalam 10 bulan terakhir. Hal itu bermula dari kesuksesan mencetak gol dalam tiga beruntun pada Februari silam. Dia secara berturut-turut membobol gawang Hrvatski Dragovoljac, Orijent 1919, dan Rudes.

Aksi ciamik Ljubicic sempat terhenti gara-gara kompetisi dihentikan akibat pandemi COVID-19. Namun, begitu 1. HNL Juniori musim 2020-21 dimulai pada medio Agustus silam, dia langsung melesat. Pada pekan ke-7, dia menggeser Martin Baturina dari puncak daftar pencetak gol terbanyak berkat hat-trick saat melawan Istra 1961.

Ljubicic Juga Eksekutor Penalti Utama

Peran besar dipegang Marin Ljubicic di tim U-19 Hajduk Split. Bukan hanya jadi andalan mencetak gol dari permainan terbuka, dia juga andalan dalam mengeksekusi penalti. Saat ini, tiga gol telah dibuat striker berumur 18 tahun tersebut dari titik putih.

Marin Ljubicic jadi eksekutor utama penalti Hajduk Split dan telah mengemas 3 gol.
hajduk.hr

Musim lalu, urusan mengeksekusi penalti adalah milik Mario Cuic dan Bruno Jenjic. Keduanya jadi andalan saat Hajduk Split mendapatkan hadiah penalti dari wasit. Namun, keduanya kini sudah tak ada di skuat. Cuic telah promosi ke tim senior, sedangkan Jenjic dipromosikan ke Hajduk II dan lantas dipinjamkan ke Junak Sinj.

Catatan lain yang menunjukkan arti penting Marin Ljubicic bagi Hajduk adalah kepiawaiannya membuka skor. Dalam 9 pekan awal 1. HNL Juniori musim ini, lima kali dia membuka kemenangan tim asuhan Marijan Budimir. Musim lalu, gol-golnya dalam tiga laga beruntun pada Februari 2020 juga merupakan pembuka skor.

Tak pelak, Marin Ljubicic akan jadi ujian bagi lini pertahanan timnas U-19, khususnya Elkan Baggott. Seperti diketahui bersama, gawang Garuda Muda tak pernah kebobolan lebih dari 1 gol dalam tujuh laga beruntun. Andai mampu menaklukkan striker ganas Hajduk Split itu, publik sepak bola Indonesia bisa lebih yakin terhadap ketangguhan Baggott dkk.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More