Timnas U-19 vs Makedonia Utara Ternyata Spesial untuk Shin Tae-yong

Football5Star.com, Indonesia – Hari ini, Minggu (11/10/2020), timnas U-19 Indonesia akan menjalani uji tanding melawan Makedonia Utara. Jelang pertandingan, pelatih Shin Tae-yong tak menyiapkan hal khusus. Dia hanya mengisyaratkan kemungkinan rotasi seperti saat lawan Bosnia & Herzegovina.

Meskipun demikian, laga timnas U-19 vs Makedonia Utara sebetulnya spesial bagi Shin Tae-yong. Pasalnya, laga itu berlangsung pada hari ulang tahunnya. Menurut Transfermarkt dan Weltfussball, Coach STY lahir di Yeongdeok, 11 Oktober 1970. Artinya, tepat hari ini dia berulang tahun ke-50.

Mendampingi timnya berlaga saat berulang tahun bukanlah sesuatu yang sering dialami Coach STY. Berdasarkan data Transfermarkt, sebelum ini, dia hanya sekali mengalami hal tersebut. Itu terjadi pada 2009 ketika dirinya masih menangani Seongnam Ilhwa Chunma.

Shin Tae-yong memimpin timnas U-19 Indonesia dalam pemusatan latihan di Kroasia sejak akhir Agustus 2020.
pssi.org

Pada 11 Oktober 2009, Coach STY mendampingi Seongnam Ilhwa Chunma melawat ke kandang Gwangju Sangmu dalam lanjutan Liga Korea Selatan. Hasilnya, Soengnam menang 3-2 meskipun sempat tertinggal 0-2 dalam 15 menit awal. Mauricio Molina, Kim Sung-hwan, dan Han Dong-won membawa Seongnam comeback dan mempersembahkan kado indah untuk sang pelatih.

Setelah itu, laga paling dekat dengan hari ultah dialami Shin Tae-yong pada 2017 bersama timnas Korea Selatan. Sehari sebelum ultah ke-47, yakni pada 10 Oktober 2017, Taeguk Warriors menjalani uji tanding melawan Maroko. Hasilnya, Korsel kalah 1-3. Mereka sempat tertinggal 0-3 hingga Son Heung-min membuat satu gol balasan pada menit ke-66.

Timnas U-19 Asuhan Coach STY Bawa Modal Apik

Timnas U-19 Indonesia bermodal dua kemenangan dan clean sheet saat menghadapi Makedonia Utara.
pssi.org

Untuk laga lawan timnas U-19 Makedonia Utara nanti, timnas U-19 Indonesia datang dengan modal bagus. Anak-anak asuh Shin Tae-yong mengemas kemenangan dan clean sheet dalam dua laga terakhir. Mereka menang 1-0 atas tim U-19 Dinamo Zagreb dan menggebuk tim U-19 NK Dugopolje 3-0.

Di samping itu, David Maulana cs. juga punya pertahanan apik. Dalam 5 laga terakhir, gawang tim asuhan Coach STY tak pernah kebobolan lebih dari 1 gol. Total, hanya 3 gol yang bersarang di gawang Garuda Muda dalam 5 laga itu. Sebelumnya, ada 13 gol yang bersarang dalam 3 pertandingan.

Modal apik armada pimpinan Shin Tae-yong sungguh berbeda dari timnas U-19 Makedonia Utara. Tim asuhan Shkumbin Arslani hanya menangguk 1 kemenangan dalam 7 laga sepanjang 2020. Enam laga lain selalu berbuah kekalahan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More