Timnas U-23 Indonesia Dipastikan Tampil Tanpa Ezra Walian

Football5star.com, Indonesia – Ezra Walian dipastikan takkan ikut serta di ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 bersama timnas U-23 Indonesia setelah tak mendapat persetujuan dari FIFA. Keputusan ini diambil karena Ezra Walian pernah membela timnas U-17 Belanda pada tahun 2013.

Ezra Walian tidak mendapatkan izin untuk membela timnas U-23 Indonesia karena dituding telah melanggar Statuta FIFA pasal 5 ayat 2. Pasal tersebut membicarakan mengenai seorang pemain yang tidak bisa bermain di dalam kompetisi resmi suatu negara apabila sudah tampil di kompetisi resmi di bawah asosiasi lainnya.

Statuta FIFA menyatakan bahwa seorang pemain bisa saja berganti kewarganegaraan dan bermain untuk asosiasi lain. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Diantaranya, sang pemain tidak boleh bermain di kompetisi level A bersama asosiasi lain sebelum berpindah kewarganegaraan.

Ezra Walian - Timnas Indonesia U-23 - Medcom
Medcom

Dalam kasus ini, Ezra Walian akan bermain di kompetisi A, yaitu Kualifikasi Piala Asia U-23. Hal ini membuatnya tak bisa membela timnas Indonesia karena sudah pernah membela timnas U-17 Belanda di kompetisi resmi pada tahun 2013.

Keputusan ini sudah resmi diberikan setelah FIFA mengirim surat tertanda tanggal 21 Maret 2019. Surat tersebut ditandatangani oleh Football Regulatory Director FIFA, Omar Ongaro, dan Head of Players’ Status, Erika Montemor Ferreira.

“Berdasarkan data dari dokumen yang kami terima, Ezra Walian tidak berhak meminta berpindah asosiasi karena dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi sebagai perwakilan Belanda,” tulis FIFA di dalam surat resmi kepada PSSI.

Comments
Loading...