TIRA Persikabo Jajaki Kerjasama dengan Klub Liga Jepang

Football5star.com, Indonesia – PSSI beberapa waktu lalu menggulirkan wacana menghelat Liga 1 Putri. Wacana ini mendapat respon serius dari sejumlah klub, salah satunya TIRA-Persikabo, Kamis (15/8/2019).

Klub berjuluk Laskar Padjajaran tersebut bahkan menggaet presiden klub Liga 3 Persijap Jepara, Esti Puji Lestari. Esti yang pernah menjabat sebagai Asisten manajer Timnas Putri U-15 itu diangkat jadi General Manager (GM) tim TIRA-Persikabo Putri yang akan dibentuk.

Sejumlah langkah dan program pun disiapkan perempuan kelahiran 27 Maret tersebut. Salah satu program jangka pendek yang akan dilakukan Esti ialah menggabngkan tim Persijap Jepara Kartini dengan tim TIRA-Persikabo Putri.

“Yang pertama dilakukan tentu saja menggabungkan kekuataan tim Persijap Jepara Kartini dengan tim Tira putri. Dan mengikuti kompetisi Liga 1 Putri,” kata Esti saat dihubungi football5star.com

Dalam proses penggabungan itu kata Esti, prosesnya sama dengan kebanyakan klub sepak bola lain. Ada proses seleksi, training dan tentu saja mengikuti kompetisi.

Harapannya kata Esti jika tim ini mampu bersaing di Liga 1 Putri bahkan bisa menjadi menjadi juara. Karena menurut Esti, tim ini dibentuk dan dipersiapkan lebih awal dan sangat matang.

Menariknya kata Esti bahwa meski tim Persijap Jepara Kartini dan Tira Putri bergabung di perhelatan Liga 1 Putri, tidak menutup kemungkinan di jangka panjang kedua tim akan berdiri sendiri.

“Tidak menutup kemungkinan Persijap Kartini dan TIRA Putri nantinya bisa berpisah jika misalnya Persijap naik ke Liga 1. Tapi yang jelas untuk saat ini ada dua pihak yang ingin mengelola tim liga putri dan itu sangat positif sekali,” paparnya.

Kerjasama dengan Tokyo Verdy Belleza

Salah satu keinginan dari Esti sebagai GM TIRA-Persikabo putri ialah bisa bekerjasama dengan klub Jepang. Esti mengatakan bahwa dirinya dalam waktu beberapa hari ke depan akan berangkat ke Jepang dan bertemu dengan perwakilan dari klub Nipon TV Beleza.

Sekedar informasi klub ini menjadi bagian dari klub Liga Jepang Tokyo Verdey Beleza. Nipon TV Beleza merupakan salah satu raksasa di kompetisi sepak bola wanita di Jepang. Mereka 15 kali menjadi juara Nadeshiko League.

“Saya sudah bicara dengan perwakilan klub dan klub ini sudah mempersiapkan tim putri Jepang untuk Piala Dunia sudah cukup lama,” kata Esti.

Menurutnya kerjasama dengan pihak Nipon TV Beleza sangat memungkinkan untuk meningkatkan kualitas sepak bola putri Indonesia, khusus tim TIRA-Persikabo Putri.

“Jika kita lihat dari postur tubuh, ini kan tidak jauh berbeda dengan pemain putri kita. Kebetulan mereka juga sudah membuka pintu untuk kerjasama,” papar Esti.

“Ada juga wacana satu tim putri berkeliling ke sejumlah negara kuat sepak bola putri,” tambahnya.

Comments
Loading...