Titik Terang! Shin Tae-yong dan Ketum PSSI akan Bicara Empat Mata

Football5Star.com, Indonesia – Konflik antara PSSI dan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mencapai babak baru. Titik terang muncul setelah pelatih asal Korea Selatan tersebut bersedia bicara empat mata dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Kepastian pembicaraan empat mata antara Shin Tae-yong dan Iwan Bule diungkapkan Plt. Sekjen PSSI, Yunus Nusi. Pertemuan tersebut dijadwalkan berlangsung secara virtual pada Jumat (26/6/2020) sore WIB.

“Mereka hanya akan ditemai penerjemah. Ketua umum ingin bicara dari hati ke hati dengan Shin (Tae-tong),” kata Yunus Nusi, Kamis (25/6/2020), seperti dikutip Football5Star.com dari Antara.

pssi.org

Yunus Nusi menambahkan, “Ketua umum akan sabar dan berbesar hati untuk menerima serta mengakomodasi keinginan Shin Tae-yong. Shin memang hanya mau berbicara dengan ketua umum.”

Menurut Yunus, ada satu agenda yang diutamakan dalam pembicaraan Coach STY dan Iwan Bule. Agenda tersebut adalah soal kepulangan sang pelatih yang sejak April lalu pulang ke Korea Selatan bersama staf kepelatihannya.

Ini menjadi sebuah titik terang dalam konflik Shin Tae-yong dengan PSSI yang berlangsung belakangan ini. Setidaknya, pembicaraan empat mata dengan Iwan Bule diharapkan dapat menyelesaikan konflik yang ada. Pasalnya, konflik sudah seperti bola liar.

Konflik Terus Bereskalasi

Konflik Coach STY dengan PSSI berawal dari “curhat” sang pelatih kepada media Korsel yang antara lain menyinggung soal PSSI dan Direktur Teknik Indra Sjafri. Hal itu langsung bereskalasi, terutama setelah Indra Sjafri memberikan komentar yang dimuat di laman resmi PSSI.

pssi.org

Konflik semakin runyam setelah PSSI membentuh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Timnas yang dipimpin Syarif Bastaman. Dalam berbagai kesempatan, Syarif justru memberikan tekanan terhadap Shin Tae-yong. Bahkan, dia melontarkan ancaman pemecatan kepada eks pelatih timnas Korsel itu.

Langkah PSSI membentuk satgas yang dipimpin Syarif Bastaman pun dikevam beberapa pihak. Salah satunya eks pengurus PSSI dan manajer timnas, Andi Darussalam Tabusalla. Dia mengkritik badan yang seperti hendak mengontrol Coach STY.

“Kita gak kenal Satgas Timnas di PSSI. Saya kok gak sependapat dengan adanya Satgas. Gak ada gunanya kan? Buat apa?” kata Andi kepada Football5Star.com. “Bubar saja itu, ngaco itu. Sudah gak benar. Gak betul sesuai dengan aturan organisasi.” 

Patut dinantikan poin-poin apa saja yang nanti akan dicapai oleh Shin Tae-yong dengan Iwan Bule. Hasil pembicaraan sang pelatih dengan Ketua Umum PSSI sangat penting demi kelanjutan agenda timnas. Bukan apa-apa, Coach STY bukan hanya menangani timnas senior, melainkan juga timnas U-22 dan U-19.

iwan buleLiga IndonesiaPSSIShin Tae-yongTimnas Indonesia