Top Skorer Liga Inggris Lagi, Salah Samai Rekor Eto’o dan Yeboah

Football5star.com, Indonesia – Top skor Liga Inggris 2018-2019, Mohamed Salah, belum berhenti membuat rekor baru. Bomber Liverpool itu kini menyamai rekor dua seniornya dari benua Afrika, Tony Yeboah dan Samuel Eto’o dalam urusan mencetak gol.

Kendati tidak mencetak gol saat Liverpool menang 2-0 atas Wolverhampton di laga pamungkas Premier League musim ini, Salah tetap berada di puncak daftar top skor Liga Inggris 2018-19 dengan 22 gol.

Torehan yang sama dengan dua pemain lain, Sadio Mane dan Pierre-Emerick Aubameyang ini nyatanya membuat pria asa Mesir menorehkan rekor baru.

Mohamed Salah menjadi pemain asal Afrika ketiga sepanjang sejarah yang mampu menyandang status sebagai top skor di lima liga teratas Eropa selama dua musim beruntun. Torehan ini sebelumnya hanya mampu diraih oleh legenda Ghana, Tony Yeboah, dan legenda Kamerun, Samuel Eto’o.

Tony Yeboah menjadi orang pertama yang menorehkan tinta emas di kompetisi Eropa. Ia menjadi top skorer dalam dua musim beruntun ketika masih memperkuat klub asal Jerman, Eintracht Frankfurt pada musim 1992-1993 dan 1993-1994.

Adapun Samuel Eto’o mengulangi capaian itu satu dekade kemudian. Tepatnya ketika ia memperkuat Barcelona musim 2004-2005 dan 2005-2006.

Akan tetapi Mohamed Salah sepertinya lebih senasib dengan Yeboah. Pasalnya gelar top skor Liga Inggris untuk kali keduanya tidak membuahkan trofi liga untuk mereka. Pada musim 1992-1993 Frankfurt hanya berada di peringkat ketiga Bundesliga, sementara semusim kemudian mereka turun ke urutan kelima.

Adapun Liverpool musim lalu bertengger di posisi ketiga dan musim ini berstatus sebagai runner up Premier League.

Pierre-Emerick Aubameyang - Arsenal - Top Skor Liga Inggris - arsenal. com
Comments
Loading...