Top Skorer Borussia Dortmund di Bundesliga 1 Meninggal Dunia

Football5Star.com, Indonesia – Kabar duka datang dari Borussia Dortmund. Manfred Burgsmueller, top skorer klub itu di kancah Bundesliga 1, meninggal dunia pada Sabtu (18/5/2019) dalam umur 69 tahun. Kabar tersebut pertama kali dilansir Bild yang menerima kabar dari manajemen klub yang baru saja finis sebagai runner-up Bundesliga 1 itu.

Manfred Burgsmueller meninggal karena sakit. Menurut Bild, pria yang akrab dipanggil Manni itu mengalami osteoartritis di kakinya. Hal tersebut membuat dia harus berjalan dengan selalu menggunakan tongkat.

“Manni Burgsmueller adalah wajah Borussia Dortmund dari pertengahan 1970-an hingga awal 1980-an. Dia memiliki semua persyaratan sebagai striker ulung,” ungkap Presiden Dortmund, Reinhard Rauball, seperti dikutip Football5Star.com dari laman resmi klub.

Rauball menambahkan, “Sungguh disayangkan dia tak pernah mendapatkan apresiasi untuk membela timnas atas kualitasnya itu. Secara personal, dia adalah orang yang menyenangkan, terbuka, dan jenaka. keluarga besar BVB akan sangat kehilangan Manni Burgsmueller.”

Kabar kematian sang penyerang juga membuat terkejut CEO Hans-Joachim Watzke. “Manni Burgsmueller adalah idola semua generasi. Saya sangat menikmati menonton permainannya. Dia adalah top skorer bagi klub kami di Bundesliga 1. Berita kematiannya sungguh mengejutkan saya,” kata dia.

Salah Satu Pemain Tertajam di Bundesliga 1

Selain membela Dortmund, selama 21 aktif bermain di ajang Bundesliga 1, Manfred Burgsmueller juga sempat memperkuat Rot Weiss Essen, FC Nuernberg, dan Werder Bremen. Namun, dia paling lama berkiprah bersama Die Schwarzgelben.

Salah satu aksi Manfred Burgsmueller yang menjadi top skorer Borussia Dortmund di Bundesliga 1.
Getty Images

Bergabung dari 1976 hingga 1983, pria kelahiran 22 Desember 1949 itu tampil dalam 224 laga Die Schwarzgelben di Bundesliga 1 dengan torehan 135 gol. Itu menjadikan dia top skorer Borussia Dortmund. Dia unggul empat gol atas Michael Zorc.

Zorc yang sekarang menjabat Direktur Olahraga Borussia Dortmund punya kenangan tersendiri. “Ketika saya memulai kiprah sebagai pesepak bola profesional di BVB, Manni adalah kapten. Dia sosok hebat yang sangat membantu saya,” kenang dia seperti dikutip dari laman resmi DFB.

Sementara itu, secara keseluruhan, Manni 158 gol dalam 252 pertandingan bagi Borussia Dortmund. Dia hanya kalah dari Zorc yang mengemas 159 gol dari 572 pertandingan.

Di jajaran top skorer Bundesliga 1, Manfred Burgsmueller juga berada di jajaran atas, tepatnya di posisi ke-4 dengan 213 gol. Top skorer Borussia Dortmund itu hanya kalah dari Gerd Mueller (365 gol), Klaus Fischer (268 gol), dan Jupp Heynckes (220 gol).

Comments
Loading...