Top Skorer Liga Europa 2019-20: Bisakah Lukaku Kejar Fernandes?

  • Bruno Fernandes masih memimpin daftar top skorer Liga Europa dengan 8 gol
  • Romelu Lukaku kini mengoleksi 6 gol berkat brace saat Inter Milan menghajar Shakhtar Donetsk
  • Romelu Lukaku tak henti mencetak gol dalam 10 laga beruntun pada pentas Liga Europa
  • Jupp Heynckes adalah satu-satunya pemain yang mencetak hat-trick pada final Piala UEFA/Liga Europa

Football5Star.com, Indonesia – Manchester United memang sudah tersisih karena kalah dari Sevilla. Namun, Bruno Fernandes masih menjulang. Dia masih memimpin daftar top skorer Liga Europa 2019-20. Tambahan satu gol pada babak semifinal membuat dia kini mengoleksi 8 gol.

Akankan Fernandes terus bertahan dan tampil sebagai top skorer Liga Europa musim ini? Kans untuk itu cukup besar. Pasalnya, dia masih unggul 2 gol dari para pesaing terdekatnya. Namun, bukan tak mungkin pula dia tergeser dari puncak daftar pemain tersubur itu.

Secara khusus, ada satu sosok yang paling mungkin menyamai atau bahkan melewati raihan gol Fernandes pada pentas Liga Europa musim ini. Dia adalah striker Inter Milan, Romelu Lukaku. Pemain asal Belgia itu kini telah membuat 6 gol berkat torehan brace saat Inter menggasak Shaktar Donestk 5-0.

standard.co.uk

Lukaku punya modal besar untuk menggulingkan Fernandes dari puncak daftar top skorer Liga Europa musim ini. Modal utamanya tentu saja konsistensi membobol gawang dari laga ke laga. Dia tak henti mencetak gol dalam 5 laga I Nerazzurri pada ajang ini.

Liga Europa pun seperti habibat terbaik Lukaku. Tambahan brace lawan Shakhtar membuat dia menorehkan prestasi apik. Pemain berdarah Kongo itu jadi pemain pertama yang mampu mencetak gol dalam 10 laga beruntun pada pentas ini.

Selain pada 5 laga musim ini bersama Inter Milan, Lukaku juga tak henti mencetak gol dalam 5 laga bersama Everton pada musim 2014-15. Kala itu, dia mengemas 8 gol sepanjang partisipasi The Toffees yang terhenti pada babak 16-besar.

Lukaku Siap Pecahkan Rekor

Modal lain Lukaku untuk menjadi top skorer Liga Europa 2019-20 adalah semangat membara untuk merontokkan rekor demi rekor. Salah satu rekor yang kini ada di depan matanya adalah torehan gol terbanyak pada musim debut bersama Inter Milan. Saat ini, dia hanya tinggal butuh 1 gol untuk menyamai perolehan 34 gol Ronaldo Luiz Nazario de Lima pada 1997-98.

“Saat ini, semuanya berjalan baik, tapi kami tetap harus terus berjuang. Rekor-rekor ada untuk dipecahkan, tapi hal terpenting adalah kami ingin menang,” urai Lukaku selepas laga Inter Milan vs Shakhtar Donetsk seperti dikutip Football5Star.com dari BBC.

Kerja keras itu juga harus ditunjukkan Lukaku pada final nanti. Untuk sekadar menyamai torehan gol Bruno Fernandes pada pentas Liga Europa 2019-20, dia harus mencetak brace lagi. Ini bukan hal mudah, tapi juga bukan kemustahilan. Dalam 3 dari 4 final terakhir, selalu ada yang mencetak 2 gol.

Saat Sevilla menghajar Liverpool 3-1 pada 2015-16, Coke mencetak brace. Hal itu dilakukan juga oleh Antoine Griezmann bersama Atletico Madrid kala menang 3-0 atas Olympique Marseille pada 2017-18 dan Eden Hazard pada 2018-19 ketika Chelsea menggasak Arsenal 4-1.

Hal yang agak sulit adalah mencetak hat-trick saat melawan Sevilla pada final nanti. Sejak 1971-72, hanya ada satu pemain yang mampu melakukan hal tersebut. Dia adalah Jupp Heynckes pada musim 1974-75. Heynckes menjejalkan 3 gol pada leg II final saat Borussia Moenchengladbach menang 5-1 atas FC Twente Enschede.

Daftar Top Skorer Liga Europa 2019-20

8 Gol — Bruno Fernandes (Manchester United)
6 Gol — Romelu Lukaku (Inter Milan), Diogo Jota (Wolverhampton Wanderers), Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), Alfredo Morales (Rangers FC), Edin Visca (IStanbul Basaksehir), Andraz Sporar (Slovan Bratislava, Sporting CP)
5 Gol — Fabian Frei (FC Basel), Mason Greenwood (Manchester United), Munir El Haddadi (Sevilla), Marko Raguz (LASK Linz)
4 Gol — Myron Boadu (AZ Alkmaar), Laurent Depoitre (KAA Gent), Kai Havertz (Bayer Leverkusen), Raul Jimenez (Wolverhampton Wanderers), Junior Moraes (Shakhtar Donetsk), Claudiu Keseru (Ludogorets Razgrad), Anthony Martial (Manchester United), Umar Sadiq (Partizan Belgrade), Paulinho (Sporting Braga), Denal Sinani (Dudelange)

Bruno FernandesInter MilanLiga EuropaManchester UnitedRomelu Lukaku