Top Skorer Liga Europa 2019-20: Bruno Fernandes Memimpin Sendirian

Football5Star.com, Indonesia – Persaingan top skorer Liga Europa 2019-20 masih sangat ketat. Hingga jelang perempat final, enam pemain sama-sama memimpin dengan 6 gol. Namun, berkat gol tunggal saat Manchester United menyingkirkan FC Kobenhavn, Bruno Fernandes kini sendirian berada di puncak.

Memimpin sendirian, Bruno Fernandes punya berpeluang besar tampil sebagai top skorer Liga Europa 2019-20. Itu karena lima pemain yang mengoleksi 6 gol tak lagi berkiprah karena klub masing-masing telah tersingkir.

Di antara para pemain yang masih berkiprah pada ajang Liga Europa, hanya dua yang paling mendekati torehan 7 gol Fernandes. Mereka adalah rekannya di Manchester United, Mason Greenwood, dan penyerang Sevilla, Munir El Haddadi.

Mason Greenwood kini jadi satu dari dua pemain yang paling mengancam posisi Bruno Fernandes.
standard.co.uk

Akan tetapi, bila menilik performa saat ini, pemain yang potensial menggagalkan Fernandes tampil sebagai top skorer adalah Romelu Lukaku. Penyerang Inter Milan itu selalu mencetak gol dalam 4 laga yang dilakoni pada ajang Liga Europa musim ini.

Fernandes Terbantu Penalti

Keberadaan Fernandes di puncak daftar pemain tersubur Liga Europa 2019-20 tak terlepas dari penalti yang didapatkan Manchester United. Dari 7 gol yang dibuat pemain asal Portugal tersebut, 4 di antaranya dilesakkan dari titik putih.

Gerard Baticle jadi pemain nonstriker terakhir yang menjadi top skoker Liga Europa atau Piala UEFA.
Getty Images

Jumlah gol penati itu adalah yang terbanyak pada pentas Liga Europa musim ini. Gelandang Red Devils itu unggul atas Koen Koopmeiners dari AZ Alkmaar yang mengemas 3 gol dari titik putih.

Terlepas dari hal itu, andai mampu mempertahankan posisinya di puncak daftar pemain tersubur, Fernandes akan mematahkan satu tradisi. Selama 26 musim terakhir, selalu striker yang menjadi top skorer Liga Europa dan Piala UEFA.

Pemain nonstriker terakhir yang mampu menjadi pemain tersubur pada ajang ini adalah Gerard Baticle. Pada musim 1992-93, pemain berposisi gelandang itu mengemas 8 gol meskipun AJ Auxerre tersisih pada semifinal. Dia unggul 1 gol atas penyerang Paris Saint-Germain, George Weah.

Top Skorer Liga Europa 2019-20

7 Gol — Bruno Fernandes (Manchester United)
6 Gol — Diogo Jota (Wolverhampton Wanderers), Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt), Alfredo Morales (Rangers FC), Andraz Sporar (Slovan Bratislava, Sporting CP), Edin Visca (Istanbul Basaksehir)
5 Gol — Mason Greenwood (Manchester United), Munir El Haddadi (Sevilla), Fabian Frei (FC Basel), Marko Raguz (LASK Linz)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More