Tottenham vs Arsenal: Spurs Bisa Andalkan Rekor Jose Mourinho

Football5Star.com, Indonesia – Akhir pekan ini, satu big match tersaji pada pentas Liga Inggris. Para pencinta sepak bola akan kembali disuguhi laga Derbi London Utara, Tottenham Hotspur vs Arsenal. Meskipun posisi tim asuhan Jose Mourinho jauh di atas The Gunners, derbi tetaplah derbi.

Tiga edisi terakhir Derbi London Utara selalu berakhir dengan skor ketat. Dua kali berakhir imbang, lalu The Lilywhites menang 2-1 pada pertemuan terakhir yang berlangsung pada musim lalu. Laga itu juga merupakan Derbi London Utara pertama bagi Mourinho.

Terlepas dari hal itu, Tottenham bisa lebih optimistis menatap derbi kali ini. Selain tengah memuncaki klasemen Premier League, The Lilywhites dapat mengandalkan rekor apik Mourinho saat menghadapi Arsenal.

Tottenham Hotspur menang 2-1 dalam Derbi London Utara pertama bersama Jose Mourinho.
telegraph.co.uk

Sepanjang kariernya sebagai pelatih, Mourinho sudah 21 kali menghadapi Arsenal. Hasilnya, dia baru menelan 2 kekalahan. Sisanya, The Experienced One meraup 11 kemenangan dan 8 kali imbang. Dalam 4 kesempatan terakhir, pria asal Portugal itu tak kalah dan timnya selalu mampu mencetak setidaknya 2 gol.

Kekalahan pertama dialami Mourinho bersama Chelsea pada ajang Community Shield 2015. Kala itu, The Blues takluk 0-1 oleh gol Alex Oxlade-Chamberlain. Adapun kekalahan kedua dirasakan bersama Manchester United pada pekan ke-36 Premier League 2016-17. Red Devils takluk 0-2.

Mourinho Belum Kalah di Kandang

Hal yang membuat Tottenham patut optimistis menatap Derbi London Utara kali ini, 2 kekalahan Mourinho dari Arsenal dialami di luar kandang. Rinciannya, sekali di Stadion Wembley dan sekali di Stadion Emirates. Saat tim asuhannya melakoni laga kandang, Mourinho tak pernah kalah.

Total, Mourinho bersama Chelsea, Manchester United, dan Tottenham telah 11 kali menjamu Arsenal. Hasilnya, 7 laga berbuah kemenangan dan 4 laga berakhir imbang. Hasil imbang terakhir dituai pada 5 Desember 2018. Ketika itu, Man. United ditahan 2-2 oleh The Gunners di Old Trafford.

Rekor kemenangan terbesar Jose Mourinho atas Arsenal dituai bersama Chelsea pada musim 2013-14. The Blus berpesta 6-0 di Stamford Bridge. Dalam 7 menit awal, mereka sudah unggul 2-0 berkat gol dari Samuel Eto’o dan Andre Schuerrle. Berikutnya, Eden Hazard dan Oscar membawa The Blues unggul 4-0 saat babak pertama usai. Padababak kedua, Oscar dan Mohamed Salah membuat kedudukan jadi 6-0.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More