Transformasi di Liga Spanyol, Darren Sidoel Tunggu Panggilan Timnas Indonesia

Football5star.com Indonesia – Pemain blasteran Belanda-Indonesia, Darren Sidoel, menjalani transformasi bersama klub Spanyol, Cordoba CF. Pemuda yang mengaku siap membela timnas Indonesia itu sudah mulai meninggalkan peran aslinya sebagai pemain belakang.

Sejak kecil, Darren Sidoel memang terbiasa bermain sebagai defender, baik itu sebagai bek tengah atau bek sayap. Peran itu sudah dilakoninya sejak merintis karier di akademi ADO Den Haag serta Ajax.

eldiacordoba.es

Sewaktu gabung bersama tim U-23 Reading di Inggris, Darren Sidoel sempat dijajal bermain sebagai gelandang bertahan. Meski berubah posisi, perannya nyaris sama sebagai penopang lini pertahanan.

Lalu pada musim lalu bersama klub kasta teratas di Bulgaria, Arda Kardzhali, pemuda berumur 22 tahun itu bahkan cukup sering berganti posisi. Tercatat, dia sekali dimainkan sebagai bek tengah, sekali sebagai bek kiri, tujuh kali sebagai gelandang bertahan, dan sekali di posisi central midfielder.

Nah, bersama Arda Kardzhali ini Darren Sidoel untuk pertama kalinya pada pertandingan kompetitif dicoba sebagai gelandang tengah. Di sana pula sebenarnya awal mulai proses transformasi pemain kelahiran Den Haag pada 10 Maret 1998 tersebut.

Berawal dari Bek Tengah, Diproyeksi Jadi Gelandang Serang

eldiacordoba.es

Pada musim panas 2020, Darren Sidoel akhirnya memutuskan hijrah ke Spanyol. Dia menjadi rekrutan pertama klub kasta ketiga Liga Spanyol, Cordoba CF. Direktur Olahraga Cordoba CF, JUanito, memuji Sidoel sebagai pemain versatile yang bisa juga dioptimalkan sebagai geladang serang.

“Dia didatangkan sebagai gelandang bertahan, tapi punya kemampuan versatile yang baik. Dia juga bisa bermain sebagai bek sayap hingga gelandang serang meski berawal sebagai bek tengah. Kami memiliki ekspektasi tinggi terhadapnya,” ucap Juanito, dikutip Football5star.com dari Eldiadecordoba.

Darren Sidoel memang hanya mendapatkan kontrak setahun. Namun, Cordoba menyiapkan opsi perpanjangan kontrak jika penampilan pemain berdarah Suriname itu dinilai cukup baik. Di Cordoba, dia dipercaya mengenakan nomor punggung 6 dan diproyeksi sebagai pemain inti.

“Target personalku adalah berkembang sebagai pemain.Tampil sebanyak mungkin. Mencapai level lebih tinggi dari permainanku dan menikmati persaingan,” ucap Darren Sidoel.

Janji itu terbukti. Setidaknya dalam dua pertandingan awal Cordoba CF di Divisi Segunda B, Sidoel tampil sekali. Pada pertandingan melawan Lorca Deportiva (18/10/2020), pemain dengan tinggi badan 180 centimeter itu bermain sebagai gelandang tengah selama 52 menit sebelum digantikan Juli Iglesias.

Jika bisa bermain konsisten bersama Cordoba CF, Darren Sidoel berharap kesempatan untuk membela timnas Indonesia akan terbuka lebar. Sudah sejak lama memang dia mengungkapkan kesediannya untuk berseragam Merah Putih.

“Aku bisa bermain untuk timnas Indonesia karena keluargaku dari sana. Kami sudah mendiskusikannya meski belum ada keputusan akhir. Kita lihat ke depannya apakah kemungkinan akan datang,” bilangnya menjelaskan.

Cordoba CFDarren SidoelTimnas Indonesia