Trio Chelsea Paling Kreatif di Liga Inggris 2018-19

Football5star.com, Indonesia – Chelsea memang gagal menyaingi keperkasaan Manchester City juara Liga Inggris 2018-2019. Meski begitu, Chelsea patut berbangga karena memiliki pemain paling kreatif di Liga Inggris musim ini.

Kreativitas yang dimaksud diukur dari kemampuan pemain dalam melepas berbagai umpan, termasuk yang menghasilkan gol. Dalam hal assist, gelandang serang Chelsea, Eden Hazard, menjadi yang terbaik berdasarkan data yang dirilis premierleague.com.

Eden Hazard menjadi raja assist setelah 15 umpan matangnya mampu menghasilkan gol untuk Chelsea. Angka itu menjadi yang tertinggi sepanjang Liga Inggris musim ini.

Di bawah Eden Hazard, ada Ryan Fraser (Bournemouth) dengan 14 assists, serta Trent Alexander-Arnold (Liverpool) dan Christian Eriksen (Tottenham Hotspur) yang mencatat 12 assist. Khusus untuk Alexander-Arnold, rekor ditorehkan sebagai pemain belakang dengan assist terbanyak dalam satu musim Liga Inggris.

Selain assist, ada juga aspek keberhasilan umpan yang kembali dirajai oleh pemain Chelsea, Jorginho. Gelandang yang didatangkan dari Napoli pada musim panas tahun lalu itu sukses melepas 3.118 umpan berhasil sepanjang Liga Inggris 2018-2019.

Menariknya, Jorginho menungguli sederet pemain belakang hebat di Liga Inggris musim ini. Sebut saja Virgil van Dijk (Liverpool, 3.037), Aymeric Laporte (Manchester City, 2.998), David Luiz (Chelsea, 2.620), Antonio Ruediger (Chelsea, 2.537), Cesar Azpilicueta (Chelsea, 2.483), hingga Andrew Robertson (Liverpool, 2.396).

David Luiz Rajai Umpan Terobosan

Terakhir, ada David Luiz yang juga mencatat angka tertinggi dalam hal keberhasilan melakukan umpan terobosan. David Luiz sepanjang Liga Inggris 2018-2019, melepas 41 through balls (umpan terobosan). Kali ini dia mengungguli Jorginho, yang mencatat 34 umpan, dan Christian Eriksen dengan 24 kali.

Satu aspek umpan lain, yakni crosses alias umpan silang, gagal dikuasai oleh pemain Chelsea. Kali ini bek kiri Everton, Lucas Digne, meraih catatan tertinggi dengan 281 kali umpan silang. Dia unggul atas Ryan Fraser (271), dan Matt Ritchie (Newcastle United, 259)

Akan tetapi, keberhasilan tiga pemain Chelsea menempati puncak daftar assist, umpan, dan umpan terobosan, tidak berbanding lurus dengan prestasi tim. The Blues cuma bertengger di peringkat ketiga klasemen akhir Liga Inggris 2018-2019.

Comments
Loading...