Trofeo Joan Gamper: Hujan Gol di Laga Barcelona vs Chapecoense

Football5star.com – Hujan gol kembali hadir di ajang Trofeo Joan Gamper. Barcelona sebagai tuan rumah, kembali berpesta kala menaklukkan Chapecoense dengan skor 5-0 di Stadion Camp Nou, Senin (7/8/2017).

Bagi Barcelona, ini bukan kemenangan besar pertama yang diraih selama gelaran Trofeo Joan Gamper. Barcelona sebelumnya juga pernah menang dengan skor serupa kala melumat dua klub Italia, Inter Milan pada 2007 dan Napoli pada 2011.

Malahan, skor 5-0 itu juga bukan skor terbesar yang pernah ditorehkan Blaugrana. Tim raksasa asal Catalunya ini menang 6-0 atas Club Leon (Meksiko) pada 2014 dan lebih telak lagi kala membantai Santos (Brasil) dengan skor 8-0 setahun sebelumnya.

Chapecoense merupakan klub Brasil keenam yang pernah diundang Barcelona untuk berpartisipasi di ajang Trofeo Joan Gamper. Sebelumnya, lebih dahulu hadir Flamengo, Botafogo, Vasco Da Gama, Internacional, dan Santos.

Tahun ini, Barcelona mengundang Chapecoense sebagai bentuk pengormatan atas tragedi kecelakaan pesawat di Kolombia pada tahun lalu. Dalam musibah itu, sebagian besar anggota skuad Chapecoense yang tengah menuju Kolombia guna melakoni laga final Copa Sudamericana, menjadi korban tewas.

Alih-alih memberi hiburan untuk para pemain dan fans Chapecoense, Barcelona justru melakukan pembantaian. Tampil dengan kekuatan terbaik, termasuk Lionel Messi, anak asuh Ernesto Valverde ini sudah membuka skor sejak laga berumur enam menit melalui Gerard Deulofeu.

Lima menit kemudian skor bertambah usai Sergio Busquets ikut mencatatkan namanya di papan skor. Barcelona lantas melengkapi keunggulan 3-0 sebelum jeda melalui gol Messi pada menit ke-28 dengan menyambar bola sodoran Deulofeu.

Selepas jeda, Barcelona melakukan beberapa pergantian pemain demi penyegaran. Termasuk memainkan Denis Suarez dan Paco Alcacer. Menariknya, nasib kedua pemain itu bertolak belakang saat turun pada menit ke-46 dan ke-77.

Setelah Luis Suarez memperbesar keunggulan Barcelona menjadi 4-0 lewat gol hasil kerja sama apik dengan Messi, giliran Denis Suarez yang mencetak gol kelima untuk tuan rumah pada menit ke-74. Menerima umpan terobosan Messi, Denis Suarez dengan tenang melesakkan boa ke gawang dengan sepakan kaki kanan.

Sementara Alcacer, gagal memaksimalkan peluang penalti yang didapatnya pada menit ke-89. Hadiah penalti didapat Barcelona menyusul pelanggaran pemain Chapecoense terhadap Nelson Semedo. Alhasil, skor 5-0 untuk Barcelona bertahan sampai laga tuntas.

Bukan Kemenangan Terbesar

Bagi Barcelona, ini menjadi kemenangan ke-40 yang mereka raih di ajang Trofeo Joan Gamper. Sejauh ini, cuma ada satu tim yang pernah menang lebih dari dua kali selain Barcelona, yaitu klub Jerman, FC Koeln.

Selain Barcelona dan Koeln, klub yang pernah memenangi Trofeo Joan Gamper sekali adalah Ujpest, Borussia Moenchengladbach, Internacional, FC Porto, Mechelen, Tenerife, Valencia, Juventus, Manchester City, dan Sampdoria.

Messi menjadi satu-satunya pemain yang pernah menyabet penghargaan man of the match Trofeo Joan Gamper sebanyak tiga kali. Sementara untuk tahun ini, penghargaan itu menjadi milik Busquets.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More