Tuchel Lebih Utamakan Kebugaran Skuat Inti Daripada Tiga Poin Di Revierderby

Kans Borussia Dortmund untuk menjuarai Bundesliga musim ini semakin sulit setelah bermain imbang 2-2 menghadapi Schalke 04 pada Minggu (10/4) malam lalu. Di laga tersebut, Pelatih Dortmund, Thomas Tuchel, melakukan banyak perubahan di dalam starting XI.

Nama-nama seperti Pierre-Emerick Aubameyang, Marco Reus, Henrikh Mkhitaryan, Ilkay Guendogan, serta Gonzalo Castro tak masuk dalam daftar line-up awal. Hal ini dilakukan Tuchel semata-mata untuk mempersiapkan kondisi para pemain kuncinya agar tetap fit saat menghadapi Liverpool pada leg kedua babak perempat final Liga Europa, Jumat (15/4) mendatang.

Perubahan besar-besaran ini tentunya membuat performa Dortmund tak terlalu optimal. Pasalnya, Schalke turun dengan skuat terbaiknya lantaran tengah memburu satu tiket untuk tampil di kompetisi antarklub Eropa musim depan.

Alhasil, Dortmund hanya mampu bermain imbang 2-2 di Veltins-Arena. Jarak antara Dortmund dan Bayern Muenchen pun melebar menjadi tujuh poin.

Namun Tuchel membela keputusannya tersebut. Menurutnya, mengejar selisih lima poin dari Bayern lebih sulit daripada menghadapi Liverpool di Stadion Anfield.

“Saya sempat berpikir mengenai starting XI untuk laga ini sejak beberapa hari lalu. Ini adalah laga ke-48 kami di musim ini dan kami telah mencapai batas,” ujar Tuchel, dilansir ESPNFC.

“Saya paham pemain kunci yang diistirahatkan terlalu banyak, tetapi melihat dari analisis video yang kami lakukan, rasanya ini adalah ide yang bagus. Kami yakin 100 persen dengan tim ini dan hal itu terbukti.”

Comments
Loading...