Tugas Lain Pesepak Bola Menurut Dejan Lovren

Football5star.com, Indonesia – Bek Liverpool, Dejan Lovren mendukung sepunuhnya gerakan Black Lives Matter yang dilakukan banyak pesepak bola di Eropa.

Menurut Lovren, bahwa sepak bola bukan sekedar permainan semata. Menyuarakan keadilan untuk orang tertindas dan perang terhadap isu rasial ialah hal penting.

“Saya merasa kami perlu melakukannya. Apa yang terjadi di Amerika tidak dapat diterima. Kita semua sama dan kami ingin membagikan pesan itu kepada seluruh dunia,” kata Lovren seperti dikutip Football5star.com dari Sky Sport, Jumat (5/6/2020).

Dejan Lovren - Liverpool - Daily Star
Daily Star

“Kami melakukannya dan sungguh luar biasa orang-orang mendapatkan pesan ini. Semua orang harus diperlakukan sama,” tambah bek asal Bosnia tersebut.

Lovren paham betul bagaimana rasanya tertindas hanya karena perbedaan. Bek berusia 30 tahun tersebut berasal dari keluarga pengungsi. Keluarganya harus mengungsi saat konflik di Yugoslavia pada 1990 berkecamuk.

“Ini bukan hanya tentang bagaimana Anda melakukan dan mencetak gol. Saya pikir Anda harus menggunakan semua platform media sosial Anda untuk menyuarakan hal positif seperti ini,”

“Aku ingin dikenal sebagai orang yang menyebarkan cinta dan hal positif. Aku memandang diriku seperti ini dan aku punya tugas lain.” jelas Lovren.

FA sendiri beberapa waktu lalu juga sudah mengeluarkan pernyataan resmi soal gerakan solidaritas yang ditunjukkan para pemain Liga Inggris.

FA berjanji tak akan serta-merta menghukum pemain yang menyuarakan aksi solidaritas di lapangan. Walaupun, aksi tersebut sebenarnya melanggar aturan dalam pertandingan.

“FA sangat mengutuk diskriminasi dalam bentuk apapun dan telah berusaha untuk memastikan bahwa sepakbola di Inggris menjunjung keberagaman dalam beberapa tahun terakhir,” bunyi pernyataan resmi FA.