Tundukkan Malaysia, Vietnam Juarai Piala AFF 2018

Football5star.com, Indonesia – Timnas Vietnam sukses mengukuhkan diri mereka sebagai juara Piala AFF 2018. Keberhasilan tersebut didapat usai menaklukkan pertarungan pada partai leg kedua final melawan Timnas Malaysia dengan skor 1-0 di Stadion My Dinh Hanoi, Sabtu (15/12/2018).

Satu-satunya gol di laga tersebut dicetak oleh penyerang Vietnam, Nguyen Anh Duc. Gol itu diciptaknnnya ke gawang Malaysia pada menit keenam melalui sepakan voli memanfaatkan umpan dari Nguyen Quang Hai.

Sebelumnya pada leg pertama yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Vietnam sukses menahan imbang Malaysia dengan skor 2-2. Hasil itu membuat The Golden Stars menang agregat 3-2 atas tim besutan Tan Cheng Hoe tersebut.

Sepanjang sejarah gelaran Piala AFF atau yang dulu bernama Piala Tiger tersebut, Vietnam sudah dua kali meraih titel juara. Pertama kali The Golden Stars memenangi kompetisi sepak bola antar negara bergengsi di Asia Tenggara itu pada 2008 lalu dengan mengalahkan Timnas Thailand di partai final.

Di sisi lain, Penyerang Timnas Thailand, Adisak Kraisorn sukses menjadi pencetak gol terbanyak di Piala AFF 2018 dengan delapan gol. Jumlah tersebut menyamai pencapaian Legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas yang menjadi top skorer pada Piala Tiger 2002 lalu.

Di sisi lain ini merupakan kali kedua Timnas Malaysia gagal menang di partai final. Meski demikian Harimau Malaya juga pernah menorehkan tinta emas dengan menjuarai Piala AFF pada 2010 lalu setelah mengalahkan Timnas Indonesia.

Susunan Pemain

Vietnam (5-4-1): Dang Van Lam, Nguyen Trong Hoang, Do Duy Manh, Tran dinh Trong, Que Ngoc Hai, Doan Van Hau, Phan Van Duc, Do Hung Dung, Nguyen Huy Hung, Nguyen Quang Hai, Nguyen Anh Duc.

Pelatih: Hang Seo-park

Malaysia (4-4-1-1): Farizal Marlias, Syazwan Andik, Shahrul Saad, Aidil Zafuan, Syahmi Safari, Sumareh, Syamer Kutty Abba, Akram Mahinan, Safawi Rasid, Norshahrul Idlan Talaha, Zaquan Adha.

Pelatih: Tan Cheng Hoe

Comments
Loading...