Ucapan Juergen Klopp Soal Penalti Manchester United Tak Sesuai Fakta?

Football5star.com, Indonesia – Kekalahan Liverpool 0-1 dari Southampton membuat pelatih Juergen Klopp melontarkan pernyataan kontroversial. Klopp usai pertandingan menyinggung soal hadiah penalti yang diterima oleh Manchester United.

Menurut pelatih asal Jerman tersebut, United mendapatkan hadiah penalti lebih banyak dibanding dengan yang didapat oleh Liverpool sejak ia melatih.

Man United vs Aston Villa - Bruno Fernandes - Liga Inggris - Reuters

“Saya dengar sekarang Manchester United mendapat hadiah penalti lebih banyak dalam dua tahun ketimbang yang saya dapatkan dalam waktu 5,5 tahun,” ujar pelatih asal Jerman tersebut.

Dikutip Football5star.com dari Daily Mail, Rabu (6/1/2021), ucapan Klopp tersebut ternyata tidak sesuai dengan fakta yang ada. Data menunjukkan bahwa sejak melatih Liverpool pada 2015, ia mendapatkan hadiah penalti sebanyak 30 kali dari 199 pertandingan yang dilakoni.

Dibandingkan dengan Manchester United sejak dua tahun dilatih oleh Ole Gunnar Solskjaer, hanya mendapat 27 penalti dari 75 pertandingan terhitung sejak Desember 2018. Secara rata-rata, United memang mendapat satu penalti per tiga laga sedangkan Liverpool meraih satu penalti per tujuh pertandingan.

Sedangkan pada musim ini, United sendiri baru mendapat enam penalti sedangkan Liverpool mendapat lima hadiah penalti. Sedangkan untuk tim Liga Inggris yang paling banyak mendapat hadiah penalti adalah Leicester City dengan 10 penalti.

Ucapan Klopp itu menurut sejumlah media di Inggris hanya bentuk respon kekecewaan eks pelatih Dortmund tersebut. Pasalnya, The Reds pada laga melawan Soton memiliki dua momen yang bisa berbuah hadiah penalti.

Momen pertama saat sepakan dari Gini Wijnaldum dianggap menyentuh tangan Jack Stephens di area terlarang pada menit ke-51 dan momen kedua ialah ketika Kyle Walkers-Peters melakukan pelanggaran kepada Sadio Mane. Sayangnya dua momen tersebut tidak membuat wasit memberikan penalti kepada Liverpool.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More