UEFA Euro 2016: Swiss Tersingkir, Petkovic Enggan Salahkan Xhaka

Pelatih Swiss, Vladimir Petkovic, enggan menyalahkan Granit Xhaka atas kegagalan mereka lolos ke perempat final Piala Eropa 2016.

Dalam laga babak 16-besar melawan Polandia di Stade de Geoffory Guichard, Sabtu (25/6), Swiss tertinggal terlebih dahulu akibat gol Jakub Blaszczykowski. Beruntung, Xherdan Shaqiri mampu mencetak gol penyeimbang delapan menit menjelang waktu normal berakhir.

Laga akhirnya harus diselesaikan dengan babak adu penalti, dan Swiss dipastikan tersingkir karena Granit Xhaka gagal menjalankan tugasnya. Mereka kalah dengan skor 5-4.

Petkovic menyesalkan kegagalan Xhaka, tetapi ia tidak ingin menjadikan pemain Arsenal tersebut sebagai kambing hitam. Bagaimana pun, menurut pria berumur 52 tahun tersebut, para penggawa Swiss telah memberikan kemampuan terbaik mereka di atas lapangan.

“Saya merasa sangat sedih untuk Granit, tetapi ini bukan hanya tentang dirinya. Swiss kalah dan saya sedih karena itu. Para pemain telah memberikan segalanya dan menunjukkan apa yang bisa mereka lakukan di atas lapangan, tetapi sayangnya kami melakukan kesalahan dan harus membayarnya,” ujar Petkovic seperti yang dikutip oleh situs resmi UEFA.

“Kami bermain terlalu gugup pada awalnya, tetapi kemudian mampu mendominasi laga. Di babak kedua, kami adalah kubu yang pantas mencetak lebih banyak gol.”

“Saya ingin tetap bersikap filosofis. Kami telah memberikan segalanya, tetapi tersingkir dari turnamen selalu terasa menyedihkan, terlebih karena adu penalti,” tambah dirinya.

Comments
Loading...