UEFA Euro 2016: Bela De Gea, Del Bosque Sanjung Kroasia

Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, tidak menganggap David De Gea sebagai penyebab kekalahan timnya dari Kroasia dalam laga terakhir Grup D Euro 2016 di Stadion Matmut-Atlantique, Selasa (21/6). Selain itu, Del Bosque melantunkan pujian bagi Kroasia.

Spanyol mengantongi kemenangan dalam dua laga awal Grup D Euro 2016. La Furia Roja berhasil mengalahkan Republik Cheska dengan skor 1-0 dan menggasak Turki tiga gol tanpa balas hingga memuncaki klasemen.

Kroasia sempat bercokol di bawah Spanyol usai meraih kemenangan 1-0 atas Turki dan bermain imbang 2-2 kontra Rep. Cheska. Ivan Rakitic dkk akhirnya finis di puncak klasemen Grup B usai membungkam Spanyol dengan skor 2-1.

Spanyol sejatinya unggul lebih dulu melalui Alvaro Morata saat laga baru berjalan tujuh menit. Sergio Ramos membuang peluang ketika eksekusi penaltinya mampu dibaca kiper Kroasia, Danijel Subasic.

Kekalahan akhirnya diderita Spanyol. Kroasia membalas dua gol melalui Nikola Kalinic dan Ivan Perisic.

“Dia (De Gea) tidak banyak melakukan penyelamatan, kami tidak bisa menyalahkan dia terhadap gol lawan. Dua gol terjadi lewat serangan balik. Semua pemain bersalah,” ujar Del Bosque, seperti dikutip dari AS.

“Kami memiliki sejumlah eksekutor penalti dan percaya diri untuk menghadapinya. Itu merupakan opsi dalam pertandingan dan bukan sesuatu yang harus diintervensi oleh pelatih,” imbuhnya.

“Mereka kelelahan yang merupakan hal normal dengan temperatur ini dan tuntutan dari lawan. Level fisik kami bagus untuk pertandingan ini,” papar Del Bosque.

“Kroasia adalah salah satu tim nasional terbaik, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya. Mereka membuat lima pergantian, memberi kebugaran terhadap tim dan tampil sangat bagus dengan kenyamanan dan kualitas yang tinggi,” katanya.

“Idealnya kami lolos sebagai juara grup, tetapi kami harus memulihkan kondisi fisik dan mental. Para pemain telah merasakan untuk mengubah situasi,” jelas Del Bosque.

Dengan demikian, Spanyol telah dipastikan bakal bertemu Italia dalam babak 16-Besar.

Comments
Loading...