UEFA Euro 2016: Dwigol Griezmann Bawa Prancis Kalahkan Jerman

Prancis melangkah ke final Piala Eropa 2016 setelah mengalahkan sang juara dunia, Jerman, dengan skor 2-0 di laga semifinal yang berlangsung di Stade Velodrome, Jumat (8/7) dini hari. Antoinne Griezmann tampil menjadi pahlawan kemenangan Prancis dengan memborong dua gol di laga ini.

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Prancis bermain sangat solid dalam membendung serangan-serangan Jerman pada awal babak pertama. Kuartet Bacary Sagna, Patrice Evra, Laurent Koscielny, dan Samuel Umtiti, tampil tenang dalam meredam pergerakan Julian Draxler, Mesut Oezil, dan Thomas Mueller.

Di samping itu, penampilan kiper Prancis, Hugo Lloris, juga patut diacungi jempol. Beberapa upaya dari Emre Can, Mueller, serta Toni Kroos berhasil dimentahkan kiper berusia 29 tahun ini.

Memasuki masa injury time babak pertama, Prancis mendapatkan hadiah penalti setelah Bastian Schweinsteiger menyentuh bola di kotak terlarang. Dengan tenang, Griezmann mengecoh Manuel Neuer dan menempatkan bola di sisi kiri gawang Jerman.

Pada babak kedua, Jerman kembali mendominasi penguasaan bola. Akan tetapi, Prancis juga beberapa kali melancarkan serangan balik berbahaya.

Les Blues berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-72. Upaya Neuer untuk menghalau umpan dari Pogba justru menjadi blunder. Bola hasil tepisan Neuer berhasil diteruskan oleh Griezmann untuk mencetak gol keenamnya di Piala Eropa 2016 ini.

Jerman berusaha keras untuk memperkecil ketertinggalan di sisa laga. Sejumlah peluang berhasil didapat Joshua Kimmich dan Draxler, tetapi masih belum menemui sasaran.

Peluit panjang dibunyikan, skor 2-0 untuk Prancis tak berubah. Prancis akan menghadapi Portugal pada laga final yang akan digelar Senin (11/7) dini hari mendatang di Stade de France.

Susunan Pemain

Jerman: Neuer; Boateng (Mustafi 61’), Hoewedes, Hector, Schweinsteiger (Sane 79’), Oezil, Kroos, Can (Goetze 67’), Draxler, Kimmich, Mueller.

Prancis: Lloris; Sagna, Evra, Koscielny, Umtiti, Matuidi, Payet (Kante 71’), Sissoko, Pogba, Giroud (Gignac 78’), Griezmann (Cabaye 90+2’).

Comments
Loading...