UEFA Euro 2016: Fatih Terim Prediksi Kroasia Bisa Melangkah Jauh

Turki harus menelan kekalahan 0-1 dari Kroasia pada laga pertama Grup D Piala Eropa 2016, di Stadion Parc Des Princes, Minggu (13/6). Meski demikian, pelatih Turki, Fatih Terim, tak sungkan memuji perjuangan Kroasia sekaligus memprediksinya akan melaju jauh di Piala Eropa 2016.

Seusai laga, Terim enggan mencari-cari alasan terkait kekalahan anak asuhnya. Dia justru tak segan memberi acungan jempol terhadap performa Kroasia. Menurutnya, Kroasia bahkan punya peluang melaju jauh di Piala Eropa 2016 jika sukses lolos dari Grup D.

“Kroasia bermain bagus hari ini. Jika mereka lolos grup, pasti bisa melangkah lebih jauh di Piala Eropa 2016. Kami harus berbuat lebih baik lagi di grup ini,” kata Terim dilansir laman resmi UEFA.

Perjuangan Turki untuk lolos ke babak berikutnya memang terbilang berat. Mereka harus menang dalam dua laga untuk mengamankan tempat babak knock-out.

Sisa lawan yang bakal dihadapi juga cukup berat. Mereka masih harus menghadapi juara bertahan Spanyol pada 18 Juni, dan bertemu Republik Ceko pada laga penutup Grup D, 22 Juni mendatang.

“Sangat disayangkan memang hasil ini. Padahal, kami punya kesempatan besar untuk mencetak gol pertama. Bila itu terjadi, maka hasilnya akan berbeda. Namun, Kroasia lebih baik,” pungkasnya.

Pernyataan Terim cukup wajar mengingat dalam hal statistik, Turki unggul penguasaan bola hingga 51 persen. Akurasi umpan Hakan Calhanoglu dan kawan-kawan pun mencapai 91 persen, berbanding 87 persen milik Kroasia.

Meski begitu, Turki kalah jauh dari segi penciptaan peluang. Kroasia melepas 18 tembakan dengan 6 di antaranya mengarah ke gawang, sedangkan Turki hanya 9 dan dua yang tepat sasaran.

Comments
Loading...