UEFA Euro 2016: Formasi 3-5-2 Milik Italia Diyakini Akan Menyulitkan Spanyol

Andrea Pirlo meyakini bahwa formasi 3-5-2 yang diterapkan pelatih tim nasional Italia, Antonio Conte, akan membuat Spanyol kesulitan. Pirlo pun yakin Gli Azzurri punya keuntungan untuk memetik kemenangan.

Italia akan menghadapi Spanyol pada babak 16-besar di Parc Des Princes pada Senin (27/6). Pirlo merasa ada beberapa faktor yang membuat Italia bisa menang pada laga tersebut.

Meski tak ikut dalam skuat yang ke Piala Eropa 2016 di Prancis, tapi gelandang berusia 37 tahun itu terus mengikuti perkembangan Gli Azzurri dan juga lawan-lawannya.

Dia pun menganalisis, ada beberapa hal yang bisa membuat Spanyol akan kesulitan menghadapi Italia. Selain itu, titik lemah La Furia Roja juga dianggap akan mampu dieksploitasi para penggawa Italia.

“Mereka tidak terbiasa bermain tanpa bola. Mereka tidak terorganisasi dalam pertahanan dan itu yang membuat mereka rentan,” bilang Pirlo kepada La Gazzetta dello Sport seperti dikutip Soccerway.

Pemain asal klub New York City FC yang telah mengoleksi 116 caps bersama Italia itu juga menyebut, formasi 3-5 2 yang diterapkan Conte akan membuat Spanyol kesulitan.

Pirlo memberi contoh kala Spanyol hanya bisa menang 1-0 pada laga pertama Grup D melawan Republik Ceko. Kala itu, Ceko yang memulai laga dengan formasi 4-2-3-1, sempat mengubah formasi menjadi tiga bek.

“Formasi 3-5-2 membantu Anda menutupi seluruh area lapangan dan memberikan tekanan kepada operator bola lawan. Pertandingan pertama mereka (Spanyol) di Euro 2012 menunjukkan bahwa mereka kesusahan melawan formasi itu,” pungkasnya.

Comments
Loading...