UEFA Euro 2016: Inilah 11 Pemain Terbaik di Piala Eropa 2016 dalam Formasi 4-2-3-1

Selain mengumumkan Antoine Griezmann sebagai pemain terbaik dan Renato Sanches pemain muda terbaik, UEFA juga merilis 11 pemain yang mengisi starting XI terbaik dari ajang Piala Eropa 2016.

Sebagian besar nama yang muncul adalah mereka yang memang tampil brilian sepanjang turnamen. Namun, ada beberapa lagi yang terbilang mengejutkan dan tidak diprediksi akan muncul.

Sir Alex Ferguson selaku UEFA Coaching Ambassador mengungkapkan cara pemilihan mereka. “Para pengamat memilih pemain terbaik dari tim-tim terbaik di Euro 2016,” jelasnya.

“Kami memilih bek tengah yang dominan, full-back yang mampu bertahan dan menyerang, gelandang yang bisa mengontrol permainan, dinamis, dan fleksibel, serta para penyerang yang punya semua atribut untuk menciptakan peluang maupun gol,” tambah dia.

Nama-nama kejutan yang muncul pada skuat adalah bek kanan Jerman Joshua Kimmich dan gelandang Wales Joe Allen. Memang kedua pemain menjadi figur yang sangat diandalkan di tim masing-masing. Namun, cukup mengejutkan karena keduanya bisa menggusur beberapa nama lain.

Sebut saja dari tim finalis Portugal dan Prancis yang memiliki bek kanan tak kalah hebat seperti Cedric Soares dan Bacary Sagna. Begitu pula di posisi gelandang tengah ada Renato Sanches, Joao Mario, Paul Pogba, atau Blaise Matuidi.

Di lini depan, munculnya nama Cristiano Ronaldo dinilai tak terlalu mengejutkan. Tak peduli kapten Portugal itu gagal tampil konsisten dan cuma mencetak 3 gol serta 3 assists selama turnamen.

Sementara, top skorer Piala Eropa 2016, Antoine Griezmann, mengisi sektor tiga gelandang serang bersama Aaron Ramsey dan Dimitri Payet. Tak ada nama kapten Belgia Eden Hazard yang sudah mencetak 1 gol dan 4 assists di posisi itu.

Di posisi belakang, kehadiran Raphael Guerrero dan Pepe tidak terlalu mengejutkan. Sementara, Jerome Boateng yang sempat melakukan blunder pada laga perempat final melawan Italia, justru mampu menyingkirkan Laurent Koscielny atau Jose Fonte.

Posisi pejaga gawang diberikan kepada Rui Patricio berkat penampilan apik yang mencapai puncaknya pada laga final. Dia mengalahkan kapten Prancis, Hugo Lloris, yang sempat dianggap sebagai kiper terbaik Piala Eropa 2016 oleh legenda Inggris, Peter Shilton.

Berikut adalah XI terbaik Euro 2016 versi UEFA.

(4-2-3-1): Rui Patricio; Joshua Kimmich, Jerome Boateng, Pepe, Raphael Guerreiro; Toni Kroos, Joe Allen; Dimitri Payet, Antoine Griezmann, Gareth Bale; Cristiano Ronaldo

Comments
Loading...