UEFA Euro 2016: Keputusan Hodgson Tugasi Kane Mengambil Tendangan Sudut Dikritik

Penyerang Inggris, Harry Kane, gagal bersinar di pertandingan pertama Piala Eropa 2016. Keputusan manajer The Three Lions Roy Hodgson untuk memberi tugas Kane mengambil tendangan sudut mendapatkan kritik tajam.

Inggris gagal memetik hasil maksimal di pertandingan pertama Piala Eropa. Saat melakoni pertandingan di Stade Velodrome, Marseille, Minggu (12/6) dini hari WIB, mereka menuai hasil imbang 1-1.

Gol Inggris dicetak oleh Eric Dier lewat tendangan bebas. Sementara gol balasan Rusia dicetak oleh Vasili Berezutski di menit-menit akhir babak kedua.

Dalam pertandingan melawan Rusia, Kane dicatat oleh Whoscored tak mampu mencatatkan satu pun tendangan tepat sasaran ke gawang Rusia. Dia tiga kali melakukan percobaan, yang semuanya melenceng.

Kane mendapatkan tugas untuk mengeksekusi sepak pojok, yang beberapa di antaranya membahayakan gawang Rusia, seperti yang beberapa kali berhasil disundul oleh Chris Smalling.

Kritik tajam pun langsung berdatangan untuk Hodgson. Salah satu yang paling vokal diucapkan oleh eks penyerang timnas Inggris, Alan Shearer. Dia memang sejak awal memberi kritik atas keputusan Hodgson menugasi Kane mengambil tendangan sudut.

“Saya harus bilang bahwa andai manajer meminta saya mengambil tendangan sudut, maka jawaban saya akan ‘mintalah seseorang untuk mengambil itu’,” kata Shearer di account Twitter-nya, @alanshearer.

Kicauan sarkasme lain dikicaukan oleh seorang penyiar Inggris, Dan Walker.

“Bisakah Kane mengambil tendangan gawang juga? #KaneOnCorners #Eng #Rus ??????,” tulis Walker di account @mrdanwalker.