UEFA Euro 2016: Kiper Hungaria Ini Jadi Pemain Tertua dalam Sejarah Euro

Malam yang spesial untuk kiper Hungaria Gabor Kiraly usai membawa timnya menang 2-0 atas Austria. Kiraly resmi jadi pemain tertua yang merumput di Piala Eropa.

Kiraly menjadi starter saat Hungaria melakoni laga perdananya di Grup F Piala Eropa 2016 melawan Austria di Stade de Bordeaux, Selasa (14/6/2016) malam WIB. Rekor baru pun dicatatkan oleh kiper yang kini memperkuat klub lokal Szombathelyi Haladas itu.

Kiraly resmi jadi pemain tertua yang tampil di Piala Eropa pada usia 40 tahun 74 hari, mengalahkan rekor eks bek timnas Jerman Lothar Matthaeus yang tampil di Piala Eropa 2000 pada usia 39 tahun 91 hari.

Meski sudah berumur, Kiraly yang identik dengan celana panjang yang selalu dikenakannya, tampil oke di bawah mistar. Beberapa penyelamatan dibuat Kiraly, salah satunya saat menepis tembakan gelandang Austria Zlatko Junuzovic di menit ke-35.

Sepanjang 90 menit Kiraly berhasil mempertahankan gawangnya tetap tidak kemasukan. Hungaria akhirnya menang 2-0 berkat gol-gol Adam Szalai serta Zoltan Stieber.

Bagi Kiraly, kemenangan Austria seperti mengulang lagi memorinya pada 1998. Saat itu, Kiraly muda baru melakoni debutnya untuk Hungaria dan berhasil membawa timnya menang 3-2.  Salah satu aksi pentingnya adalah menepis penalti top skorer Austia Toni Polster.

Setelah pertandingan itu, Kiraly pun selalu jadi langganan timnas dengan total 103 caps dan Piala Eropa 2016 adalah turnamen mayor pertamanya.

“Saya tidak bicara soal pemain tua dan pemain muda, hanya pemain bagus dan dia adalah salah satu yang terbaik di dunia,” puji pelatih Hungaria Bernd Storck seperti dikutip Reuters.

“Dia dipilih menjadi starter di bawah mistar karena dia adalah pemain bagus,” sambungnya.

Pemain yang selama kariernya berpindah-berpindah hingga sembilan klub itu, seperti Hertha Berlin, Crystal Palace, dan TSB 1860 Munich, masih mengincar satu rekor lagi yakni sebagai pemain tertua yang tampil di Piala Dunia.

Saat ini, rekor tersebut masih dipegang kiper Kolombia, Faryd Mondragon, yang tampil di Piala Dunia 2014 saat menghadapi Jepang dalam usia 43 tahun dan tiga hari. Meski boleh dibilang rekor itu bakal sulit dipecahkan mengingat sekalipun Hungaria lolos ke Rusia 2018 dan Kiraly masih dipanggil, usianya saat itu adalah 42 tahun.

“Dia berkontribusi untuk kemenangan tim dengan mencatat clean sheet. Dia membawa tim meraih kemenangan ini dan ini adalah hadiah atas kerja kerasnya,” tutup Storck.

Comments
Loading...