UEFA Euro 2016: Mark Clattenburg Ditunjuk Jadi Wasit Final Piala Eropa 2016

Partai final Piala Eropa 2016 antara Portugal vs Prancis di Stade de France, Saint-Denis, pada Senin (11/7) dini hari WIB akan dipimpin oleh wasit terbaik Inggris, Mark Clattenburg.

Clattenburg menjadi wasit kedua, setelah Pedro Proenca asal Portugal, yang memimpin final Piala Eropa dan Liga Champions pada tahun yang sama.

Di laga puncak Liga Champions lalu, Clattenburg memimpin laga antara Real Madrid versus Atletico Madrid.

Pria yang memulai karier menjadi wasit pada 1993 itu juga mengikuti jejak Arthur Holland pada 1964, sebagai wasit kedua asal Inggris yang memimpin final Piala Eropa.

Bagi Clatenburg, ini akan menjadi partai final ketiga nya pada 2016. Mei lalu, pria berusia 41 tahun itu juga menjadi pengadil pada partai final Piala FA antara Manchester United kontra Crystal Palace.

Saat mewasiti Portugal vs Prancis, Clattenburg akan dibantu oleh dua asisten, Simon Beck dan Jack Collin. Sementara itu, Anthony Taylor dan Andre Marriner akan menjadi asisten Clattenburg lainnya.

Sepanjang gelaran Piala Eropa 2016, Clattenburg sudah memimpin tiga pertandingan. Dia mengeluarkan total 13 kartu kuning dan belum sekalipun kartu merah.

Sementara itu, pada Premier League musim 2015-16 lalu, Clattenburg total memimpin 46 laga dan mengeluarkan 162 kartu kuning serta tujuh kartu merah.

Well, meski timnas Inggris harus terhentu sejak babak 16-besar, setidaknya ada wakil dari Negeri Ratu Elizabeth di final Piala Eropa 2016.

Comments are closed.