Uefa Euro 2016: Menteri Olahraga Rusia Kecam Sikap Brutal Fans

Menteri olahraga Rusia, Vitaly Mutko, mengecam sikap fans mereka yang membuat kerusuhan di Kota Marseille. Ia merasa hal tersebut telah mencoreng wajah seluruh warga Rusia.

Pertandingan antara Inggris melawan Rusia di Stade Velodrome pada hari Minggu (12/6) tidak hanya mencuri perhatian karena akhir yang dramatis, tetapi juga sikap dari fans kedua tim yang terlibat bentrok, baik di dalam atau di luar stadion.

Seperti yang kita ketahui, setelah wasit meniupkan peluit panjang, fans Rusia menyerbu fans Inggris yang kebetulan berada di tribun yang sama dengan mereka. Ini merupakan insiden lanjutan mengingat sebelum laga dimulai kedua kelompok suporter telah terlibat bentrok di pusat Kota Marseille.

“Jelas bahwa ada beberapa orang yang datang kesini bukan untuk menonton pertandingan sepak bola. Mereka menyembunyikan wajah mereka dan membuat negara mereka merasa malu,” kecam Mutko seperti yang dikutip oleh Guardian.

Menariknya, akibat tingkah fans Rusia, muncul wacana yang menyebutkan bahwa Piala Dunia 2022 harus dipindah. Namun, Mutko menilai insiden-insiden ini sama sekali tidak akan mempengaruhi status mereka sebagai tuan rumah.

UEFA sendiri telah mengeluarkan peringatan. Mereka siap mendiskualifikasi Rusia dan Inggris jika di masa mendatang para suporter mereka kembali membuat ulah.

Sebagai informasi tambahan, laga antara Rusia melawan Inggris berakhir imbang 1-1. Gol pembuka Eric Dier pada menit ke-71 mampu disamakan oleh Vasili Berezutski pada masa injury time.

Comments
Loading...