UEFA Euro 2016: Para Pemain Albania Dihadiahi Paspor Diplomatik

Keberhasilan Albania meraih kemenangan pada laga melawan Rumania membuat para penggawanya diganjar hadiah. Pemerintah Albania sudah berjanji memberikan hadiah berupa paspor diplomatik kepada anak asuh pelatih Gianni De Biasi itu.

Penghargaan itu diberikan menyusul kesuksesan Lorik Cana dan kawan-kawan mengalahkan Rumania pada laga pamungkas Grup A. Bagi Albania, itulah kemenangan perdana di turnamen major.

Memang, Albania baru kali ini tampil di turnamen kelas atas seperti Euro. Setelah kalah dari Swiss dan Prancis, mereka menutup perjalanan di Grup A dengan kemenangan atas Rumania.

Meski mengoleksi 3 poin, masih belum jelas apakah Albania akan lolos ke babak 16-besar atau tidak. Nasib mereka masih bergantung hasil dari grup lain.

Berkat kemenangan atas Romania, tim akan mendapatkan hadiah 1 juta euro sebagai pendanaan tambahan serta paspor baru, yang diberikan oleh pihak pemerintah.

Perdana Menteri Albania, Edi Rama, ikut larut dalam kegembiraan usai kemenangan atas Romania melalui ekspresinya di Twitter. “Goooooooooool ….,” cuit dia ketika Armando Sadiku mencetak gol kemenangan atas Rumania pada babak pertama.

Tak berapa lama setelah laga, para penggawa Albania lansung diganjar penghargaan paspor diplomatik. Penghargaan itu memang sekadar simbolis, karena banyak pemain Albania yang sudah memiliki akses perjalanan bebas visa ke Uni-Eropa.

Namun, satu hal yang pasti, mereka tidak akan menikmati kekebalan diplomatik, seperti yang dimiliki oleh diplomat resmi. Akan tetapi, mereka akan mendapatkan keuntungan dari perjalanan internasional yang lebih muda.

Kemenangan atas Romania juga memicu perayaan besar di jalan-jalan di ibu kota Albania, Tirana. Perayaan juga terjadi di Pristina, ibu kota Kosovo, di mana sebagian besar penduduknya adalah etnik Albania.

Fans mengibarkan bendera Albania, melepaskan kembang api, membunyikan klakson mobil selama berjam-jam, dan menari diiringi alunan musik rakyat.

Comments
Loading...