UEFA Euro 2016: Polandia Kalahkan Ukraina dan Akan Menantang Swiss di Babak 16-Besar

Tiket babak 16-besar dari Grup C sudah resmi menjadi milik Jerman dan Polandia. Pada laga pamungkas, Polandia menang 1-0 atas Ukraina di Stade Velodrome, Marseille, Selasa (21/6).

Dengan hasil itu, Polandia lolos sebagai runner-up Grup C karena kalah selisih gol dari Jerman. Dipastikan, skuat asuhan Adam Nawalka itu akan menantang runner-up Grup A, Swiss, pada babak 16-besar di Saint-Ettiene, Sabtu (25/6).

Polandia yang ngotot mengejar tiket ke babak knock-out langsung menguasai permainan. Arkadiusz Milik memiliki peluang mencetak gol saat melepaskan sepakan dari sisi kanan pertahanan Ukraina di menit tiga. Namun kiper Ukraina, Pyatov dengan sigap menahannya.

Ukraina gantian menekan. Andriy Yarmolenko memiliki peluang membuat gol untuk timnya, tapi bisa diamankan kiper Polandia, Fabianski.

Peluang bagus kembali dimiliki Ukraina pada menit ke-16. Lagi-lagi Yarmolenko yang tinggal berhadapan dengan kiper Lukasz Fabianski tapi bola sepakannya terlalu melebar.

Jual-beli serangan tak terhindarkan sepanjang babak pertama. Diisiplinnya pertahanan kedua tim membuat gol yang dinanti tak kunjung lahir.

Hingga babak pertama tuntas, tidak ada gol tercipta. Kedua tim hanya membuat beberapa peluang yang sayangnya tidak bisa dioptimalkan. Kedudukan sementara 0-0 antara Ukraina vs Polandia.

Memasuki babak kedua, peruntungan Polandia berubah. Serangan mereka semakin gencar. Ukraina dibuat lebih fokus bertahan pada awal paruh kedua ini.

Hasilnya, Jakub Błaszczykowski yang baru masuk pada babak kedua langsung memberi kontribusi. Pemain Fiorentina itu mencetak gol pada menit ke-54 dan membuka peluang Polandia lolos ke 16-besar Euro 2016.

Selepas gol itu, Ukraina mulai berani meningkatkan tempo serangan. Namun, rapatnya barisan belakang Polandia teta sulit dibongkar oleh Yevheniy Konoplyanka dan kawan-kawan.

Alhasil, hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan, Polandia sukses mengunci kemenangan 1-0. Mereka sukses lolos ke babak 16-besar sebagai runner-up Grup C di bawah Jerman.

Susunan Pemain:

Ukraina: Andriy Pyatov; Bohdan Butko, Yevhen Khacheridi, Olexandr Kucher, Taras Stepanenko, Andriy Yarmolenko, Roman Zozulya (Anatoli Tymoschuk 90′), Yevhen Konoplyanka, Ruslan Rotan, Artem Fedetskiy, Olexandr Zinchenko (Viktor Kovalenko 73′).

Polandia: Łukasz Fabiański; Michał Pazdan, Artur Jędrzejczyk, Thiago Cionek, Tomasz Jodłowiec, Arkadiusz Milik (Filip Starzynski 90′), Robert Lewandowski, Grzegorz, Krychowiak, Kamil Glik, Piotr Zieliński (Jakub Blaszczykowski 46′), Bartosz Kapustka (Kamil Grosicki 71′).

Comments
Loading...