UEFA Euro 2016: Shaqiri Nilai Polandia Beruntung Menang Atas Swiss

Bintang tim nasional Swiss, Xherdan Shaqiri, menilai keberhasilan Polandia lolos ke perempat final Piala Eropa 2016 tidak lebih dari sekadar keberuntungan.

Swiss harus mengakhiri perjalanan mereka di Piala Eropa 2016. Setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit, mereka kalah dengan skor 4-5 dalam babak adu penalti dari Polandia. Granit Xhaka menjadi satu-satunya eksekutor yang gagal melaksanakan tugasnya.

Kekalahan ini sangat disayangkan oleh Shaqiri, yang menyumbangkan satu gol melalui tendangan akrobatik pada waktu normal. Ia merasa bahwa timnya lebih pantas untuk lolos ke perempat final ketimbang Polandia.

Kekecewaan winger berusia 24 tahun tersebut bukan tanpa alasan. Berdasarkan statistik, skuat asuhan pelatih Vladimir Petkovic memang unggul jumlah peluang (29-21) dan penguasaan bola (55%-45%) ketimbang Polandia.

“Itu adalah gol yang sangat baik, tetapi pada akhirnya gol itu tidak terlalu berarti. Itu membantu kami memaksakan babak adu penalti, dan kemudian kami kalah. Tetapi, itu jelas adalah gol yang indah dan aku selalu bangga dapat mencetak gol bagi Swiss,”ujar mantan penggawa Inter Milan tersebut kepada situs resmi UEFA.

“Aku pikir kami bermain dengan baik melawan tim Polandia yang sangat bagus. Kami berhasil mengontrol permainan mereka dan aku tidak berpikir mereka memiliki banyak peluang besar.”

“Kami adalah tim yang lebih baik dan pantas untuk lolos. Tetapi, pada akhirnya inilah sepak bola. Dalam adu penalti peluangnya adalah 50-50 dan keberuntungan ada di pihak Polandia,” tambah Shaqiri.

 

Comments
Loading...