UEFA Euro 2016: Turki Kalahkan Republik Cheska, Irlandia Utara Ketiban Untung

Turki baru saja memetik kemenangan 2-0 atas Republik Cheska dalam laga pamungkas Grup D, di Stade Bollaert-Delelis, Rabu (22/6) dini hari WIB. Namun, yang mengambil keuntungan lebih dari hasil laga itu adalah Irlandia Utara.

Meski baru kalah 0-1 dari Jerman, Irlandia Utara dipastikan lolos ke babak 16-besar sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik di Piala Eropa 2016, menyusul Slovakia.

Sementara, Turki justru belum bisa memastikan langkah ke fase knock-out karena masih menunggu hasil dari Grup E dan F.

Peluang Turki untuk lolos sejatinya cukup berat. Meski menang, mereka masih mengalami defisit dua gol akibat kekalahan telak 0-3 dari Spanyol dan sebelumnya dibungkam Kroasia dengan skor 0-1.

Namun, skuat asuhan pelatih Fatih Terim itu tak peduli dengan nasibnya yang masih tergantung tim lain. Mereka tetap tampil penuh semangat demi mengincar kemenangan meyakinkan atas Cheska, yang tak lagi diperkuat kapten tim, Tomas Rosicky, akibat cedera.

Pada sembilan menit pertama pertandingan, Turki terbukti lebih mendominasi dengan unggul dalam ball possession. Arda Turan menjadi pengatur permainan di lini tengah, sedangkan pemain muda Emre Mor dipercaya tampil sebagai starter.

Laga baru berjalan 10 menit, Turki pun sukses membuka keunggulan. Mor menyisir sisi kanan Turki dan kemudian mengirim bola umpan silang mendatar yang disambut Burak Yilmaz dengan sontekan kaki kanan guna menaklukkan gawang Petr Cech.

Cheska lantas mencoba keluar dari tekanan lewat serangan cepat. Pada menit ke-16, Vladimir Darida mencoba peruntunganya dari bola sepakan jarak jauh. Namun bola masih membentur pemain bertahan Turki dan menghasilkan sepak pojok bagi Cheska.

Dari sepak pojok itu, Tomas Sivok menyambut bola dengan sundulan yang cukup keras. Namun, lagi-lagi belum menghasilkan gol karena bola masih membentur mistar gawang.

Pada sisa babak pertama, Cheska terlihat lebih banyak melancarkan serangan untuk mencari gol penyeimbang. Sementara itu, lini belakang Turki kelihatan mulai keteteran dalam mengantisipasi umpan silang. Namun, skor 1-0 untuk Turki bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Cheska terus melancarkan tekanan. Sementara, Turki coba memanfaatkan celah menekan balik melalui serangan balik cepat. Memasuki menit ke-65, Turki sukses menggandakan keunggulan melalui gol Ozan Tufan.

Gelandang Fenerbahce itu melepaskan tembakan kaki kanan yang cukup keras dari dalam kotak penalti Cheska. Petr Cech pun hanya bisa tertegun melihat bola melesak ke dalam gawang untuk kali kedua.

Gol itu ternyata menjadi momen penutup kemenangan Turki. Pasalnya, hingga peluit akhir laga, beragam peluang tak mampu membuahkan gol tambahan. Begitu pula Cheska yang tak sanggup membongkar pertahanan Turki.

Kemenangan ini memang tak membuat Turki berhak naik ke peringkat ketiga klasemen Grup D menggeser Cheska. Mereka mengumpulkan 3 poin, unggul dua angka atas Cheska yang dipastikan pulang kampung dengan menjadi juru kunci Grup D.

Turki masih harus menanti hasil dari grup lain untuk lolos sebagai salah satu tim berperingkat ketiga terbaik. Namun, keuntungan diraih Irladia Utara yang lolos berkat kemenangan Turki.

Susunan Pemain:

Republik Cheska: Petr Cech; Pavel Kaderabek, Roman Hubnik, Tomas Sivok, Daniel Pudil; David Pavelka (Milan Skoda 57′), Jaroslav Plasil (Daniel Kolar 90′), Ladislav Krejci, Vladimir Darida, Borek Dockal (Josef Sural 71′); Tomas Necid.

Turki: Volkan Babacan; Ismail Koybasi, Hakan Balta, Mehmet Topal, Gokhan Gonul; Selcuk Inan, Ozan Tufan, Arda Turan; Volkan Sen (Oguzhan Ozyakup 61′), Emre Mor (Olcay Sahan 69′), Burak Yilmaz (Cenk Tosun 90′).

Comments
Loading...