UEFA Euro 2016: Xavi: Spanyol Selalu Takut Bertemu Italia

Mantan gelandang Spanyol, Xavi Hernandez, mengakui ketangguhan Italia. Menurut Xavi, La Furia Roja selalu menyegani Italia.

Xavi pernah membela Spanyol saat berhadapan dengan Italia. Pemain yang kini berusia 36 tahun itu membantu tim asuhan Vicente Del Bosque menang empat gol tanpa balas atas Italia di final Euro 2012.

Spanyol kembali bertemu Italia dalam babak 16-Besar Euro 2016. Xavi menyatakan, La Furia Roja bakal menemui kesulitan saat menghadapi anak asuh Antonio Conte.

“Itu akan menjadi pertandingan yang sangat atraktif. Spanyol akan mendominasi permainan, paling tidak karena Italia nyaman meski tanpa bola,” ujar Xavi, seperti dikutip dari La Gazzetta dello Sport.

“Ketika mendapatkan bola kembali, mereka akan memainkannya dengan perhitungan. Akan tetapi, penguasaan bola bukan prioritas mereka. Spanyol kesulitan ketika tidak menguasai bola, Italia tidak demikian. Mereka tetap tenang. Ada perbedaan yang besar antara dua tim,” imbuhnya.

“Sejujurnya, dari segi filosofi, karakter dan daya saing, aku pikir Italia adalah lawan yang paling bisa membuat Spanyol tidak nyaman,” tandas Xavi.

“Sejarah di Italia dibuat dengan kesulitan atletik dan itu sebabnya Spanyol selalu takut dengan Italia. Secara historis dan juga saat ini, ketika melawan Italia, kami selalu menerima kabar tersebut dengan sedikit ketidaknyamanan,” kata Xavi.

“Belakangan kami cukup sering menang, tetapi itu selalu dengan perasaan bahwa kami bisa kalah. Itu sebabnya aku menegaskan pada Senin lalu bahwa akan sangat sulit bagi Spanyol,” beber mantan gelandang Barcelona tersebut.

Comments
Loading...