UEFA Hukum Montenegro karena Tindakan Rasial Suporter

Football5star.com, Indonesia – Federasi sepak bola tertinggi Eropa, UEFA menjatuhkan hukuman kepada Montenegro akibat ulah rasial suporter mereka saat laga melawan Inggris.

UEFA dalam keputusannya menjatuhkan Montenegro larangan menggelar pertandingan kandang tanpa penonton saat laga melawan Kosovo, 7 Juni mendatang. Selain itu, UEFA juga menjatuhkan denda sebesar 20 ribu euro kepada negara pecahan Serbia tersebut.

Putusan ini bersikap tetap karena banding yang dilakukan Montenegro ditolak oleh Komisi Etika dan Displin UEFA.

“Keputusan ini bersifat tetap karena banding yang dilakukan federasi Montenegro ditolak,” bunyi pernyataan UEFA seperti dikutip football5star.com dari AP, Jumat (22/5/2019).

UEFA Hukum Montenegro karena Tindakan Rasial Suporter
dw.com

Tindakan rasial dilakukan sejumlah suporter Montenegro saat laga melawan Inggris di babak kualifikasi Euro 2020. Tiga pemain Ingggris berkulit hitam, Raheem Sterling, Danny Rose dan Callum Hudson-Odoi jadi sasaran sejumlah suporter Montenegro.

Akan tetapi sanksi terhadap Montenegro dianggap terlalu ringan. Beberapa waktu lalu, Danny Rose sempat memprotes hukuman UEFA tersebut. Ia menyebut sanksi itu tak akan berarti apa-apa untuk suporter yang bertindak rasial.

Sementara itu, Raheem Sterling menyebut bahwa perang terhadap tindakan rasial wajib terus digencarkan. Menurutnya slogan di kaos ataupun di sosial media tidak akan cukup menghentikan tindakan itu di sepak bola.

“Harus ada tindakan yang lebih tegas dari otoritas sepak bola. Tim yang suporternya bertindak rasial harus dapat pengurang poin,” kata Sterling.

Comments
Loading...