UEFA Investigasi Dugaan Pelecehan Rasial Fans Chelsea di Markas Vidi

Football5star.com, Indonesia – UEFA memutuskan untuk memulai investigasi terhadap dugaan pelecehan rasial yang dilakukan penggemar Chelsea saat melawan Vidi.rasial Di pertandingan terakhir Liga Europa, suporter Chelsea datang ke Hungaria dan diduga melakukan pelecehan rasial.

Beberapa fans Chelsea menyanyikan chant anti-semit ketika Chelsea ditahan imbang Vidi di Budapest. Mereka juga diduga membawa bendera dengan simbol Nazi, meskipun pihak kepolisian meyakini bendera tersebut tak bisa dibawa masuk ke Stadion Groupama Arena.

Mengenai insiden di Hungaria, dikutip dari Goal, UEFA menyatakan telah menugaskan Komite Etika dan Disiplin untuk melakukan penyelidikan. Hasil penyelidikan bisa diketahui pada Januari mendatang.

“UEFA hari ini mengumumkan telah menugaskan seorang inspektur Etika dan Disiplin untuk melakukan investigasi terkait dengan dugaan insiden pelecehan rasial yang terjadi pada pertadingan Liga Europa pekan lalu antara Vidi dan Chelsea pada 13 Desember di Hungaria.

“Informasi sehubungan dengan hasil penyelidikan ini akan tersedia pada pertengahan Januari.”

Salah satu kelompok pendukung Chelsea mengibarkan bendera Nazi di markas Vidi dalam lanjutan Liga Europa pada Jumat (14/12) dini hari - Football5star - The Guardian
The Guardian

Pihak manajeman The Blues  merespons insiden di Hungaria dengan cepat. Mereka menyebut kejadian tersebut adalah tindakan bodoh dari beberapa fans mereka.

“Anti-semitisme dan segala kebencian terhadap ras atau agama sangatlah menjijikkan bagi klub ini dan mayoritas fans kami. Tak ada tempat di Chelsea dan komunitas kami. Kami telah menyatakan dengan keras dan jelas di setiap kesempatan. Setiap individu yang melakukan tindakan ini telah mempermalukan klub dengan menggunakan kata-kata atau tindakan anti-semit dan rasial akan mendapatkan hukuman yang paling keras dari klub.”

Insiden di Budapest terjadi lima haru setelah adanya dugaan pelecehan rasial kepada pemain Manchester City, Raheem Sterling. Pendukung Chelsea tertangkap kamera melakukan pelecehan rasial kepada Sterling saat Manchester City bertandang ke Sramfor Bridge pada akhir pekan lalu.

Comments
Loading...