UEFA Selidiki Legalitas Pemain Naturalisasi Timnas Ukraina

Football5star.com, Indonesia – Masalah pemain naturalisasi ternyata tidak hanya dirasakan Ezra Walian saja, tapi juga Junior Moraes. Legalitas pemain naturalisasi timnas Ukraina ini dipermasalahkan induk sepak bola Eropa, UEFA.

Junior Moraes dianggap melanggar peraturan FIFA soal masa tinggalnya di Ukraina. Saat ini UEFA sedang menyelidiki kasus pemain berdarah Brasil ini setelah sebelumnya Portugal dan Luksemburg melakukan protes terhadap kehadirannya di lapangan saat melakoni laga kualifikasi Eura 2020 pekan lalu.

Dalam peraturan yang tertera dalam statuta FIFA terkait pemain yang pindah kewarganegaraan, setiap pemain diwajibkan untuk tinggal di negara barunya paling tidak selama lima tahun beruntun. Sementara Moraes menginjakkan kakinya pertama kali di Ukraina pada 2012 lalu.

junior moraes-shevchenko (@FCShakhtar-eng)
@FCShakhtar-eng

Jika dilihat dari kurun waktu tersebut, pemain berusia 31 tahun itu sejatinya sudah masuk dalam kategori lima tahun yang dimaksud. Namun, yang menjadi masalah adalah, mantan pemain Dynamo Kiev ini pernah dipinjamkan ke klub Cina, Tianjin Tianhai, 2017 lalu.

Artinya, waktu lima tahun beruntun yang sudah ditetapkan FIFA tidak bisa dipenuhi sang pemain untuk berseragam Ukraina. Apabila penyelidikan UEFA nanti terbukti, status naturalisasi sang pemain bisa dibatalkan.

Kabar ini tentu sangat merugikan anak asuh Andriy Shevchenko. Pasalnya pemain yang saat ini memperkuat Shakhtar Donetsk itu baru saja menjalani debut impresifnya saat menahan imbang Portugal tanpa gol tengah pekan lalu.

Comments
Loading...