UEFA Siapkan Format Baru Untuk Piala Eropa U-21

Football5star.com, Indonesia – Kegagalan Italia untuk melaju ke babak gugur Piala Eropa U-21 ternyata membuat presiden UEFA, Aleksander Ceferin merasa bersalah. Ia pun mengaku siap mengubah format turnamen agar tim-tim unggulan bisa melaju ke babak gugur.

Pada edisi tahun 2019, Piala Eropa U-21 diikuti oleh 12 tim yang terbagi ke dalam tiga grup. Masing-masing grup berisi empat tim. Format tersebut membuat tiga tim yang finis sebagai pemuncak grup akan melaju ke babak gugur ditemani oleh satu kesebelasan sebagai runner up terbaik.

Italia finis di posisi runner up grup B dengan raihan enam poin dari tiga laga. Namun, mereka gagal melaju ke babak semifinal karena Rumania berhasil finis di babak grup C dengan raihan tujuh angka.

Aleksander Ceferin - Piala Eropa U-21 - Fox Sports
Fox Sports

“Kami sudah menyiapkan rencana untuk menambah jumlah tim peserta menjadi 16 kesebelasan di edisi selanjutnya. Sistem baru itu akan berlaku di edisi selanjutnya,” kata Aleksander Ceferin dikutip dari laman Football Italia.

“Saya rasa, hal tersebut menjadi solusi terbaik untuk semua tim. Kami tak ingin kejadian yang menimpa Italia kembali terulang di edisi-edisi selanjutnya,” imbuh pria asal Slovenia itu.

Turnamen Piala Eropa U-21 edisi tahun ini sudah usai dinihari tadi. Spanyol berhasil meraih gelar keduanya setelah mengalahkan Jerman di partai puncak. Selain itu, gelandang Spanyol, Fabian Ruiz juga meraih gelar pemain terbaik sepanjang turnamen.

Comments
Loading...