Ulreich Akui Terpaksa Meninggalkan Stuttgart pada 2015

Football5Star.com, Indonesia – Sebuah pengakuan mengejutkan datang dari kiper Bayern Munich, Sven Ulreich. Dia menegaskan, anggapan orang-orang bahwa dirinya yang meminta hengkang dari VfB Stuttgart ke Bayern pada 2015-16 adalah keliru. Justru sebaliknya, menurut dia, manajemen Die Schwaben yang memintanya hengkang dari Mercedes-Benz-Arena.

Ulreich jengkel bukan kepalang karena anggapan awam tentang kepindahannya dibentuk oleh manajemen Stuttgart. “Sering kali dikatakan bahwa aku merengek untuk pindah dan meminta pergi dari VfB. Itu semua tidak betul. Aku tidak pernah ingin meninggalkan Stuttgart!” tegas Ulreich dalam wawancara dengan Stuttgarter Zeitung dan Stuttgarter Nachrechten, Kamis (14/12/2017).

Kiper berumur 29 tahun itu menegaskan, dirinya punya komitmen kuat bagi Die Schwaben. Namun, Robin Dutt yang kala itu menjabat Direktur Olahraga Stuttgart punya pertimbangan lain. Menurut Ulreich, Dutt sejak awal menyatakan klub tak akan bergantung kepada dirinya. Bahkan, sang direktur olahraga menyarankan dirinya mencari peruntungan di tempat lain.

Sven Ulreich bersama Javi Martinez.
zimbio.com

“Itu adalah sinyal yang sangat jelas. Dari situlah aku mulai bergerak. Aku tidak memaksa pergi. Namun, itulah yang dimunculkan oleh VfB kepada publik,” ungkap dia. “Patut dicatat, aku tumbuh di VfB. Jauh di dalam hatiku, VfB tetap klubku. Aku membangun rumah di Stuttgart. Aku selalu menjaga hubungan dengan kota dan klub ini. Itu semua karena aku ingin kembali tinggal di Stuttgart.”

Secara lebih luas, kiper yang datang ke Bayern sebagai pengganti Jose Reina itu mengkritik kebijakan Stuttgart dalam penanganan pemain muda. Dia menilai manajemen klub terlalu terburu-buru dan tak sabar menanti perkembangan pemain-pemain yang diorbitkan.

“VfB selalu dipuji karena keberhasilan mengelola sektor junior. Para pemimpin klub selalu menunjukkan kesan ingin bertumpu kepada talenta-talenta sendiri. Namun, kemudian talenta-talenta ini kerap kali tak diberi cukup waktu untuk matang. Mereka lantas pindah dan ternyata sukses di klub-klub lain,” beber deputi Manuel Neuer itu sambil menyebut Sebastian Rudy, rekannya di Bayern, sebagai salah satu contoh nyata.

Akhir pekan ini, Ulreich kembali ke Stuttgart. Dia akan membela Bayern dalam lanjutan Bundesliga 1. Ini merupakan kali pertama dia menghadapi mantan klubnya tersebut. Kesempatan itu pun nyaris hilang karena dia sempat didera cedera adductor. Itu membuat dia absen dalam dua laga terakhir Die Roten.

Comments
Loading...