Ungguli Pele, Maradona & Ronaldo, Messi Pemain Terbaik dalam Sejarah

Mantan gelandang Barcelona, Xavi Hernandez menganggap Lionel Messi sebagai pemain terbaik dalam sejarah sepak bola, melebihi Pele dan Diego Maradona.

Perdebatan senantiasa muncul ketika membahas mengenai siapa pemain terbaik dunia. Pele masih menjadi top skorer sepanjang masa Brasil dan pernah merasakan tiga trofi Piala Dunia, sedangkan Maradona merupakan pemain legendaris yang pernah mengantar Argentina menjadi juara dunia 1986.

Pada era sepak bola modern, selain Cristiano Ronaldo, Messi dianggap sebagai pemain terbaik dunia. Itu terbukti dengan koleksi empat Ballon d’Or yang pernah diraih oleh pemain berjuluk El Messiah.

Kendati demikian, Xavi berpendapat, Messi merupakan pemain terbaik dalam sejarah sepak bola dan mengungguli Ronaldo, bahkan Pele dan Maradona sekalipun.

“Pele dan Maradona membuat perbedaan yang besar, tetapi sepak bola telah berevolusi,” ujar Xavi yang menjadi rekan setim Messi di Barcelona selama lebih dari satu dekade, seperti dilansir ESPN.

“Para pemain lebih baik ketimbang sebelumnya, begitu pula dengan permainan. Secara fisik, taktik, teknik dan psikologis, sepak bola lebih baik dibandingkan sebelumnya,” tambah pemain yang kini merumput di Qatar bersama Al Sadd itu.

“Messi mengukuhkan diri sebagai pemain terbaik dalam masa yang terbaik dalam sejarah sepak bola,” pungkas Xavi.