Usai Lawan Rumania, Advocaat Tentukan Nasib di Timnas Belanda

Football5Star.com, Indonesia – Pelatih timnas Belanda, Dick Advocaat, memberikan pernyataan mengejutkan saat tiba di Skotlandia. Dia menyatakan akan meletakkan jabatannya usai dua laga uji coba pada bulan ini. Itu artinya, laga melawan Skotlandia dan Rumania akan jadu dua laga terakhirnya sebagai bondscoach Oranje. Itu sesuai kontraknya yang memang habis pada akhir bulan ini.

“Ini merupakan dua laga terakhir bagi saya. Setelah ini, saya akan berhenti dari timnas Belanda,” kata Advocaat kepada para jurnalis begitu tiba di Skotlandia, Rabu (8/11/2017).

Dick Advocaat memimpin latihan timnas Belanda.
bt.dk

Menariknya, saat dimintai konfirmasi oleh para jurnalis Belanda, Advocaat justru memberikan teka-teki. “Pada akhir November, kontrak saya berakhir. Setelah pertandingan lawan Rumania, saya akan katakan apakah saya bersedia (melanjutkan kerja sama) ataukah tidak,” ujar dia” seperti dikutip NOS.

Pelatih berumur 70 tahun itu lebih lanjut menambahkan, “Mari kita jalani dua pertandingan yag akan datang ini dengan baik. Lalu, kita lihat ke mana saya akan melangkah. Saya melakukan hal yang sama dengan Louis van Gaal dan tak akan pernah mengatakan ‘tidak akan’.”

Advocaat menghadapi kritik pedas dari publik sepak bola negerinya karena gagal meloloskan timnas Belanda ke putaran final Piala Dunia 2018. Itu fakta yang sangat pahit bagi Belanda. Pasalnya, Arjen Robben cs. sebelumnya juga gagal berpartisiasi di Piala Eropa 2016.

Usai kegagalan lolos ke Rusia 2018, pergantian pelatih termasuk salah satu wacana yang diagendakan KNVB. Namun, prioritas adalah menentukan direktur teknik terlebih dahulu. Satu hal, terkait pelatih, mereka akan coba membuka diri. “Pelatih asing mungkin saja menjadi bondscoach,” kata Presiden KNVB Eric Gudde.

Comments
Loading...