Usai Piala Dunia, Pique Tinggalkan Timnas Spanyol

Football5Star.com, Indonesia – Gerard Pique sudah memiliki rencana matang menapaki sisa kariernya di dunia sepak bola. Setelah menandatangani kontrak baru dengan Barcelona, dia berencana pensiun dari timnas Spanyol. Meskipun baru berumur 30 tahun, Pique sudah mantap untuk meninggalkan La Furia Roja usai Piala Dunia 2018.

Hal itu diungkapkan bek tengah Blaugrana tersebut saat mengumumkan perpanjangan kontraknya, Senin (29/1/2018). “Jika tak ada aral, aku akan pensiun setelah Piala Dunia,” kata Pique seperti dikutip Diario Sport. “Itu gelaran besar dan aku telah merasakan pengalaman unik. Namun, ada saatnya untuk menutup cerita.”

Gerard Pique saat debut bersama timnas Spanyol.
zimbio.com

Sadar pernyataannya potensial menimbulkan polemik di tengah ketegangan Spanyol dan Katalonia, pemain yang pernah membela Manchester United itu buru-buru menegaskan komitmennya untuk timnas Spanyol.

“Aku sudah berkali-kali mengatakan, aku sangat bangga membela timnas. Aku berpikir mundur setelah Piala Dunia, sebagai pemain penting, agar aku pergi saat masih berada di atas,” jelas dia.

Pique menegaskan, dirinya memperoleh banyak pengalaman berharga bersama La Furia Roja. Itu sebabnya, dia selalu berusaha tampil dengan kemampuan terbaik setiap kali dipercaya bermain. Namun, dia menilai Rusia 2018 adalah titik akhir bagi dia bersama timnas Spanyol.

Pique melakukan debutnya pada 11 Februari 2009 dalam uji tanding melawan Inggris. Dalam laga yang dimenangi Spanyol 2-0 itu, dia turun sebagai starter. Di jantung pertahanan, dia berduet dengan Raul Albiol. Hingga saat ini, dia telah mengemas 94 caps dan mencetak lima gol. Adapun prestasi terbaiknya tentu saja juara Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.