Usmanov Tak Mau Lepas Saham Arsenal

Football5Star.com, Indonesia – Salah satu pemegang saham Arsenal, Alisher Usmanov, menegaskan dirinya tak mau lepas saham yang dipegangnya kepada pihak lain. Hal itu dilontarkan menyusul niat Stan Kroenke menguasai seluruh saham The Gunners. Saat ini, Usmanov memegang 30,04 persen saham Arsenal.

“Beberapa hari ini muncul spekulasi terkait kemungkinan tawaran terhadap 30 persen kepemilikan saya di Arsenal. Atas hal itu, saya bisa mengerti kecemasan yang timbul di kalangan fans seperti tercermin dari pernyataan Arsenal Supporters Trust (AST). Untuk itu, saya ingin menegaskan bahwa saya tidak sedang mengadakan pembicaraan dengan Tuan Kroenke mengenai penjualan (saham saya),” tutur Usmanov dalam pernyataan resminya, Rabu (4/10/2017).

Pengusaha keturunan Rusia-Uzbekistan tersebut lebih jauh menyatakan, bukannya ingin menjual, dirinya justru punya hasrat membeli sebagian saham lain. Menurut dia, sejak awal, Arsenal adalah kepentingan jangka panjang bagi dia. Bahkan, kata dia, dirinya sudah mengajukan proposal untuk menjadi pemegang saham mayoritas The Gunners dari nilai klub yang ditaksir 2 miliar pounds.

Sebelumnya, Kroenke dikabarkan telah mengajukan tawaran 252 juta pounds untuk mengakuisisi 18.695 lembar saham yang dipegang Usmanov dan Red and White Securities Limited. Kabar ini langsung mendapat reaksi negatif dari AST. Mereka secara konsisten menolak upaya penguasaan penuh klub oleh seorang taipan.

Berdasar laporan PA Sports, AST bahkan sejak awal tahun ini mendesak Kroenke untuk memasukkan Usmanov ke dewan direksi. Pasalnya, menurut pengakuan pengusaha berumur 64 tahun itu, dirinya tak dilibatkan dalam pengambilan keputusan di klub asal London Utara tersebut.